Pages

Monday, March 24, 2014

Tips Membeli Keyboard Bekas

Tips Membeli Keyboard Bekas - Memiliki sebuah keyboard merupakan awal yang sangat baik bagi Anda yang serius ingin belajar memainkan alat musik ini, terlepas apakah Anda belajar secara otodidak ataupun belajar di sekolah musik. Mahalnya harga keyboard tidak akan menjadi penghalang jika memang serius ingin belajar, karena keyboard bekas pakai pun bisa menjadi alternatif menarik agar bisa memiliki keyboard berkualitas baik dengan harga yang terjangkau.

Yang paling penting pada saat hendak membeli keyboard bekas adalah waspada jangan sampai Anda tertipu oleh penampilan fisiknya saja, apalagi hanya dari foto yang di pajang terutama di media iklan online, karena ada beberapa hal yang harus Anda cermati pada saat hendak membeli keyboard bekas. Merk keyboard yang populer di Indonesia dan terkenal memiliki kualitas suara yang bagus adalah merk Yamaha. Berikut ini adalah tips membeli keyboard bekas apakah keyboard tersebut kualitasnya masih bagus ataukah tidak:

  • Perhatikan tampilan body keyboard tersebut dari dekat, apakah keyboard tersebut sudah di cat ulang ataukah belum, pastikan bahwa tulisan diatas tombol panel masih terlihat jelas dan tidak pudar. Sebab keyboard yang sering dipergunakan biasanya warnanya akan berubah dan tulisan yang terletak diatas tombol akan memudar bahkan hilang karena sering terkena sentuhan tangan.
  • Pastikan bahwa adaptornya masih original, adaptor yang original terdapat logo Yamaha yang menjorok kedalam. Stiker Yamaha asli dan yang palsu akan terlihat dari kualitas sablonannya.
  • Perhatikan bagian belakang keyboard, pastikan bahwa warna baut masih terliaht sama semua. Jika ada baut yang berbeda kemungkinan keyboard tersebut pernah dibongkar.
  • Cek pada bagian potensio / volume, putar pada volume yang paling tinggi dan silahkan didengarkan suaranya jika suaranya sudah pecah berarti keyboard tersebut kualitasnya sudah tidak bagus lagi.
  • Cek pada bagian tuts keyboard, apakah berbunyi semua ? tuts yang tidak berbunyi tidak bisa di abaikan begitu saja karena tidak semua kerusakan pada tuts bisa di perbaiki hanya dengan membersihkan karet tuts.
  • Jika keyboard tersebut terdapat Konektor USB, cek bagian tersebut dan pada bagian diskdrive-nya apakah masih berfungsi dengan baik ataukah tidak
  • Cek monitor LCD, karena monitor LCD ini susah untuk diperbaiki jika ada kerusakan, teliti apakah terlihat garis atau titik yang seharusnya tidak ada
  • Pastikan Anda memperoleh garansi pembelian barang , minimal 3 bulan. 

Semoga Artikel Musik tentang tips Membeli Keyboard Bekas bisa bermanfaat bagi Anda, simak artikel musik menarik lainnya Tips dan Teknik Bermain Keyboard