Pages

Tuesday, September 17, 2013

Informasi Gadget Terbaru - PS4 Vs Xbox One

Informasi Gadget Terbaru kali ini menyoroti perseteruan sengit antara konsol game next-gen Sony PlayStation 4 (PS4) dan Microsoft Xbox One, bahkan perseteruan ini telah muncul sejak sebelum keduanya diumumkan. Dari mulai persoalan aplikasi game, rivalitas itu kemudian melebar ke masalah kinerja pemrosesan hardware.

Informasi Gadget Terbaru PS4 VS Xbox One
Informasi Gadget Terbaru PS4 VS Xbox One
Menurut info dari sejumlah pengembang game dari berbagai tingkatan menyatakan bahwa PS 4 ternyata jauh lebih bertenaga dibanding Xbox one. Dalam kebanyakan kasus PS 4 mampu running hingga 40 – 50 % lebih kencang dengan kinerja Arithmetic Logic Unit yang 50 % lebih tinggi pula. Akibatnya, sebuah game yang tidak dioptimalisasi untuk salah satu dari kedua perangkat itu disebut bisa berjalan dengan kecepatan 30 FPS pada resolusi 1920x1080 di PS4, akan tetapi hanya bisa mencapai kisaran "20-an" FPS pada resolusi 1600x900 di Xbox One. Xbox One memang mempunyai sejumlah perbedaan dibanding PS4 dari sisi komponen hardware. Konsol game besutan Microsoft ini, misalnya, menggunakan jenis memori DDR3 yang lebih lawas dari GDDR5 yang digunakan PS4.

Pihak Microsoft menyatakan bahwa memori tambahan berupa Embedded Static Random Access Memory (eSRAM) yang tertanam di prosesor Xbox One mampu memberikan bandwidth tambahan sehingga menihilkan perbedaan tersebut.

Akan tetapi, para developer game anonim yang disebutkan di atas juga menyatakan bahwa eSRAM milik Xbox One cukup sulit untuk dipakai dalam pemrograman. Dan serunya lagi, salah satu dari mereka turut menjelaskan bahwa judul-judul game cross-platform pada PS4 mungkin harus dikurangi kompleksitasnya agar tidak tampil "lebih jelek" pada Xbox One.

Menanggapi kabar tersebut, seorang juru bicara Microsoft berkomentar bahwa kekuatan sebuah konsol game tidak bisa hanya dinilai dari spesifikasi hardware semata. "(Xbox One) Dirancang dengan performa yang seimbang, Pada akhirnya, kami akan biarkan konsol dan game yang bicara."