Pages

Tuesday, November 26, 2013

Isu Penyadapan Jadi Gosip Hangat, Politisi Jerman Ogah Pakai iphone

Isu Penyadapan tengah jadi Gosip Hangat dunia saat ini, menyusul bocornya aksi rahasia Amerika Serikat yang diungkapkan oleh Edward Snowden seorang mantan analis yang bekerja pada kontraktor pertahanan AS. Seperti halnya di Indonesia saat ini yang tengah heboh dengan aksi penyadapan yang dilakukan oleh Australia kepada beberapa petinggi pemerintahan Indonesia, termasuk Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Ternyata Pemimpin Jerman, Kanselir Angela Merkel jugatidak luput menjadi korban penyadapan. Isu yang beredar menyebutkan Untuk menghindari beberapa kemungkinan disadap oleh intelijen asing di masa depan, pemerintah Jerman akan mengambil langkah yang cukup ekstrim.

Menurut surat kabar lokal bernama Bild, untuk meraih tingkat keamanan lebih baik, para tokoh politik penting di Jerman harus merelakan perangkat mereka dienkripsi oleh software spesial yang dikembangkan Kantor Federal Keamanan Informasi Jerman. Karena itu, politisi Jerman harus menggunakan perangkat tertentu yang kompatibel dengan software enkripsi itu. Karena iOS tidak mendukung software ini, anggota Bundestag yang akan datang harus mengganti iPhone mereka dengan smartphone lain yang mendukung enkripsi. Belum jelas apakah maksudnya dari smartphone lain adalah Android atau tidak. Kita tunggu apakah iPhone yang merupakan Gadget kebanggaan Apple, yang notabene produk dari Amerika Serikat bakal tamat riwayatnya di Jerman karena isu penyadapan yang dilakukan oleh NSA.