Pages

Monday, May 5, 2014

Proses Rekaman Virtual

Proses Rekaman Virtual - Rekaman yang dilakukan oleh band-band virtual agak berbeda dengan rekaman biasa. Jika band biasa mewajibkan seluruh anggotanya bermain dan merekam sendiri permainannya. Beda halnya dengan band virtual. Mereka lebih banyak menggunakan mesin atau aplikasi synthesizer seperti Hatsune Miku Vocaloid. Namun tetap menggunakan proses perekaman normal, seperti yang dilakukan oleh band non virtual.

Dalam beberapa kasus, manipulasi suara sering juga dilakukan, baik untuk mencapai efek vokal yang diinginkan atau untuk membuatnya berbeda dengan suara penyanyi yang sebenarnya. Manipulasi ini biasanya dilakukan dengan cara memodifikasi kecepatan pemutaran trek vokal. Proses ini disebut vocoding. Nah karena band ini dalam video klipnya tidak menampilkan sosok yang real. Maka dalam pertunjukan live penonton akan merasa jauh dengan idolanya.

Sebab apa yang digambarkan animasi tidak melulu sesuai dengan karakter sebenarnya. Jika sudah begini yang bisa dilakukan adalah mengurangi interaksi dengan audiens. Dan melakukan pertunjukkan apa adanya. Hal ini dilakukan untuk mengurangi rasa kecewa para penonton. Jika melakukan pertunjukkan disertai tampilan virtual, mereka biasanya berlatih terlebih dulu untuk menyingkronkan antara animasi dan sosok yang sebenatnya.

Beberapa seniman non virtual juga menggunakan teknik yang sama dalam pertunjukannya. Penampilan band virtual yang paling mengundang decak kagum adalah pertunjukan Gorillaz di Mtv Europe Music Awards di Lisbon Grammy Award 2006. Kelompok ini menggunakan kombinasi 3D yang dihasilkan komputer dengan teknologi abad ke 19. Teknologi tang dinamakan Ghost pepper ini membuat hologram manusia hidup dari anggota bandnnya.

Anda tertarik melakukan rekaman virtual, untuk mengejutkan fans anda ketika melakukan pertunjukan? Cobalah untuk mulai membuat konsep virtual band anda sendiri, rekam setiap permainan anggota band anda. Tidak ada salahnya beli keyboard dan memasukkan unsur musik tersebut, dengan mengkolaborasikannya dengan suara-suara binatang. Keyboard memiliki ragam jenis suara yang bisa membuat hasil rekaman anda lebih sempurna.