Pages

Tuesday, March 11, 2014

Cara Merawat Flute

Flute adalah alat musik tiup yang memiliki karakter suara lembut, bisa dikombinasikan dengan berbagai alat musik lain dengan baik. Alat musik flute modern yang dipergunakan oleh para profesional biasanya terbuat dari perak, emas atau merupakan kombinasi dari kedua bahan ini.

Sedangkan untuk para pemain flute pemula baik yang sedang belajar di sekolah musik maupun yang belajar secara otodidak biasanya terbuat dari Nikel – perak, atau logam yang dilapisi dengan perak.

Flute membutuhkan perawatan yang rutin seperti hal nya dengan alat musik lain, agar kulaitas suara yang dihasilkan tetap terjaga baik.

Berikut ini adalah cara merawat alat musik Flute :

1. Sebelum alat musik flute dimainkan, sebaiknya oleskan slide greese pada bagian foot joint dan head joint.
2. Apabila flute telah selesai dimainkan, bersihkan bagian dalam flute yaitu bagian head joint, foot joint dan body dengan menggunakan kain lap polishing gauze yang dililitkan pada cleaning rod sampai bagian tersebut sepenuhnya kering.
3. Bersihkan permukaan pad dengan mempergunakan powder atau bisa juga dengan cleaning paper , caranya adalah dengan menempelkan powder paper ke tone hole flute, setelah itu tekan key , dan tarik powder paper secara perlahan.
4. Aplikasikan pelumas pada key post dengan mempergunakan key oil agar supaya kerakan key tetap lancar dan tidak noise
5. Bersihkan lapisan luar flute yaitu head joint, foot joint, dan body dengan menggunakan kain lap polishing cloth yang telah diberi cairan silver polish Semoga panduan tetang cara merawat flute diatas bisa bermanfaat dan membantu agar kualitas suara flute tetap baik dan terjaga keawetannya.