Pages

Monday, March 24, 2014

Emo dan Skinhead Punk

Emo dan Skinhead Punk - Emo memang dilahirkan dari musik punk. Namun tahukah Anda emo sangat dibenci oleh penggemar musik punk? Ini terjadi karena Emo dianggap keluar dari ideology musik punk. Emo menekankan kepedihan dan cinta. Sedangkan Punk terutama kaum skin head sangat membenci sesuatu yang berbau melankolis.

Mereka lebih suka lagu-lagu yang bertema keberanian dan kekerasan dalam menjalani hidup. Kaum skinhead menilai Emo sebagai kehancuran musik Punk. Ini terjadi karena Emo dianggap tidak sejalan dengan ideology anti kemapanan yang diusung kaum skinhead. Kapitalisme dan kemapanan justru menjadi sesuatu yang diagungkan oleh musik Emo.

Atribut yang digunakan oleh musisi Emo jelas jelas sangat sombong dan memperlihatkan kemapanan khas kapitalis. Berbagai baju bermerek selalu mereka gunakan dalam setiap penampilan. Padahal pada musik Punk tidak pernah menggunakan berbagai atribut mahal dengan merek ternama.

Para musisi Punk membeli gitar tanpa merek terkenal. Jika bereksplorasi menggunakan keyboard. Mereka juga hanya beli keyboard sesuai kebutuhan. Tidak seperti musisi Emo yang membeli keyboard dengan fasilitas maksimal. Karena banyaknya perbedaan ini tidak jarang musisi Emo dan Punk sering terlibat dalam percekcokan.

Hal ini bisa menjadi gambaran buat anda musisi pemula untuk lebih peka lagi terhadap dua jenis musik ini. Keduanya memiliki ciri musik yang hampir sama, dan Anda harus memilih salah satunya yang benar-benar mencerminkan kepribadian anda. Jika anda tipikal orang yang tidak suka dengan kesederhanaa, Emo lah pilihannya. Sementara buat Anda yang menyukai sesuatu apa adanya, Punk skinhead adalah jawabannya. Tapi terlepas apapun pilihan Anda, bakat dan kerajinan dalam berlatihlah yang membedakan kualitas bermusik Anda.