Pages

Monday, March 24, 2014

Tips Merawat Keyboard

Tips Merawat Keyboard - Perawatan terhadap alat musik penting dilakukan untuk menjaga kualitas suara dan tetap berfungsinya alat tersebut saat hendak dimainkan, begitu pula halnya dengan alat musik keyboard. Keyboard memiliki beragam fitur yang harus tetap dijaga agar tetap bisa berfungsi dengan baik, kerusakan kecil yang terjadi pada keyboard jika dibiarkan akan menjalar menjadi kerusakan parah yang sulit untuk diperbaiki .

Oleh karena itu pengetahuan mengenai bagaimana cara merawat keyboard yang baik perlu dimiliki oleh setiap pemain keyboard, baik yang masih belajar di sekolah musik maupun Anda yang sudah mahir sekalipun dalam memainkan musik keyboard. Tips ini bisa diterapkan terhadap alat musik keyboard merek apapun namun yang terutama adalah pada Keyboard Yamaha PSR S950.
  1. Selalu gunakan stabilizer sebagai alat penyeimbang daya listrik agar Keyboard memperoleh asupan daya listrik yang cukup untuk menjalankan seluruh komponen yang terdapat pada keyboard.
  2. Perhatikan suhu disekitar alat musik keyboard, hal penting untuk menghindari suhu panas yang bisa merusak komponen keyboard seperti LCD.
  3.  Jaga kebersihan keyboard dari debu yang menempel pada body dan tuts keyboard, agar jangan sampai masuk ke bagian dalam keyboard.
  4.  Meskipun keyboard harus dilindungi dari debu, akan tetapi bukan berarti keyboard kemudian dibungkus dengan plastik secara berlebihan, karena akan memicu panas berlebihan pada bagian dalam keyboard, akibat minimnya sirkulasi udara.
  5. Selalu mainkan keyboard dengan cara yang terorganisir, yaitu tidak sembarangan menggunakan fitur yang belum anda ketahui, sebaiknya baca terlebih dahulu buku petunjuk penggunaan agar mengetahui fungsi fitur yang akan dijalankan, mengingat keyboard seri S950 sudah menggunakan OS (Operating Sistem) yang bisa saja mengalami gangguan akibat kelalaian dari penggunanya.
  6. servis berkala penting untuk dilakukan untuk menjaga agar komponen alat musik tetap berada dalam keadaan baik.
  7. Simpan keyboard di tempat yang sejuk