Pages

Tuesday, March 11, 2014

Manfaat Berlatih Alat Musik Sejak Kecil

Manfaat Berlatih Alat Musik Sejak Kecil - Pada saat ini kesadaran para orang tua untuk menyekolahkan anaknya di sekolah musik semakin meningkat, seperti diketahui bahwa dengan belajar alat musik sejak dini bisa memberikan banyak manfaat bagi otak, hal ini diketahui dari berbagai penelitian yang dilakukan oleh para ahli syaraf.

Kini, ada lagi satu efek positif yang bisa diperoleh dengan mempelajari alat musik, berdasarkan studi yang telah dilakukan oleh para peneliti di Universitas Northwestern, dari penelitian tersebut diketahui bahwa dengan berlatih alat musik bisa mengubah fungsi otak dalam memproses suara, bagi mereka yang belajar musik sejak kecil lebih pandai mencerna isi pidato yang disampaikan oleh orang lain pada saat dewasa.

Dalam terbitan The Journal of Neuroscience, dimuat tentang hasil penelitian tersebut, para peneliti mengkaji sebanyak 44 orang peserta, peserta ini terdiri dari dua kelompok, sebagian telah berlatih musik sejak kecil sedangkan yang lain belum pernah mempelajari musik. Para peneliti menguji otak para peserta untuk mengetahui sejauh mana respons mereka terhadap suara, setiap peserta diminta untuk mendengarkan pidato dan kemudian aktivitas otak para peserta di analisa.

Hasilnya sungguh mencengangkan, ternyata bagi mereka yang pernah berlatih alat musik pada usia 4 hingga 14 tahun efek nya bisa bertahan hingga dewasa. Efek tersebut tidak hilang meskipun tidak bermain musik selama 40 tahun, mereka tetap memiliki respon cepat dalam mencerna pidato. Hal tersebut tidak ditemukan pada mereka yang tidak pernah belajar alat musik. "Studi ini menunjukkan bahwa pendidikan musik sejak kecil sangat penting bagi anak. Hal tersebut akan bermanfaat selama beberapa dekade," kata Kraus, peneliti dari Universitas Northwestern