Pages

Tuesday, March 11, 2014

Tips Membeli Stick Drum Berkualitas Baik

Stick drum memiliki banyak variasi bentuk dan ukuran, hal ini disesuaikan dengan kebutuhan jenis suara yang ingin dihasilkan. Pada saat ini ada banyak sekali merk stick drum dipasaran, dan tingkat pemalsuan akan alat ini juga sangat tinggi. Tentu bagi Anda para drummer pemula baik yang belajar di sekolah musik ataupun belajar secara mandiri akan sedikit merasa kesulitan bagaimana cara membedakan antara produk yang asli dan palsu.

Kehati-hatian dan ketelitian menjadi kunci utama agar Anda tidak tertipu membeli stick drum palsu dengan harga setara dengan produk aslinya. Kelemahan stick palsu yang dijual di toko musik, antara lain yaitu: Kedua stick tidak seimbang, kayu stick terasa kopong, sangat mudah patah, logo yang tertempel pada stick tidak rapi dan banyak yang tidak lurus / bengkok.

Berikut ini adalah Tips Membeli Stick Drum Berkualitas Baik :

• Jika stick drum terbungkus dengan plastik, bukalah plastik tersebut dan sebaiknya periksa dengan teliti, kemudian rasakan beratnya , sebaiknya pilih drum yang seimbang tidak terlalu ringan akan tetapi juga tidak terlalu berat, kemudian letakkan stick tersebut diatas permukaan yang rata seperti meja kaca, marmer dan gelindingkan stick tersebut. Coba Anda perhatikan bagian ujung stick ( tip ) apabila ujung stick tersebut terlihat bergoyang maka sudah bisa dipastikan stick tersebut tidak lurus, dan kualitasnya tidak bagus.

• Rasakan dan timbang berat masing-masing stick drum. Apabila ternyata berat sebelah, hal itu sudah bisa dipastikan bahwa stick drum tersebut memiliki kualitas yang kurang bagus.

• Cobalah untuk memainkan stick drum tersebut di permukaan yang tidak keras seperti karpet. Apakah terasa nyaman ditangan dan sesuai dengan selera Anda.

• Cobalah untuk mengetes pitch dari stick drum tersebut. Pukul masing-masing stick pada permukaan ride cymbal, gunakan ujungnya. apabila kedua stick tersebut tidak menghasilkan pitch yang sama, sebaiknya jangan dibeli.

• Stick drum yang bagus biasanya terbuat dari bahan kayu American Hickory karena terkenal dengan keawetannya, karena tidak mudah patah , penggunaan jangka panjang dengan bahan ini hanya berakibat kayu terkikis hingga stick mengecil.