Pages

Tuesday, March 11, 2014

Ragam Bentuk Stick Drum

Stick drum memiliki ukuran dan bentuk yang berbeda, hal ini disesuaikan dengan kebutuhan akan bunyi yang dihasilkan, bagi Anda para pemula pengetahuan akan bentuk ujung dari stick drum sangat penting, terutama bagi Anda yang belajar secara otodidak tidak mengikuti kursus drum di Sekolah Musik.

Berikut ini adalah beberapa bentuk ujung stick drum yang wajib Anda ketahui :
  • Mallet : Stick Drum ini memiliki kepala berbentuk bulat besar yang terlihat mirip seperti pemukul vibraphone. Terdapat beberapa macam ukuran Mallet dari yang kecil hingga yang paling besar, bulatan pada Mallet tersedia dalam berbagai tingkat kelunakan yang berbeda .
  • Brush : Stick drum ini bentuknya sangat mirip dengan sapu lidi, ada yang terbuat dari baja atau wire brush, namun ada pula yang terbuat dari nilon atau plastik. Ukurannya pun bermacam- macam tidak hanya dalam satu ukuran, Wire brush sangat cocok digunakan untuk memainkan musik berlairan jazz, ballad, swing, dan cool Jazz
  • Bundle Stick : stick drum ini terdiri dari beberapa batang kayu berukuran kecil yang dikumpulkan menjadi satu ikat. Ikatan kayu ini ada yang terdiri dari kayu berukuran sangat kecil dan berjumlah banyak, akan tetapi ada juga yang berukuran besar namun dengan jumlah yang sedikit. jenis stick drum ini sangat cocok untuk memainkan musik berlairan latin, country atau berbagai jenis musik unplugged.
Dengan mengetahui ragam bentuk Stick drum diatas, maka jelaslah bahwa setiap stick drum memiliki karakter bunyi yang berbeda – beda, Anda tidak bisa hanya asal membeli stick drum di toko alat musik, hal itu harus disesuaikan dengan aliran musik apa yang akan Anda mainkan, apakah itu Pop, Rock, Jazz ataukah country.