Pages

Sunday, March 2, 2014

Perbandingan Harga Honda Mobilio vs Xenia

Honda Mobilio yang merupakan mobil besutan pertama dari Honda untuk kelas Low MPV ( Multi Purpose Vehicle ) telah siap bersaing di pasar mobil keluarga dengan harga terjangkau, berhadapan dengan Daihatsu Xenia, Toyota Avanza dan Suzuki Ertiga. Peluncurannya beberapa waktu lalu banyak diperbincangkan di portal – portal berita, sehingga banyak orang mulai membandingkan Honda Mobilio dengan Mobil Low MPV lain yang telah lebih dulu beredar, termasuk Daihatsu Xenia. Berikut ini adalah perbandingan interior, eksterior serta Harga Honda Mobilio Vs Xenia yang diambil dari berbagai sumber, manakah yang terbaik ?

Perbandingan Exterior Honda Mobilio vs Daihatsu Xenia

Perbandingan Harga Honda Mobilio Vs Xenia
Perbandingan Harga Honda Mobilio Vs Xenia
Daihatsu Xenia menggunakan penggerak roda belakang lain halnya dengan Honda Mobilio yang menggunakan penggerak roda depan, sehingga Daihatsu Xenia mengklaim mobil tujuh penumpangnya tersebut memiliki kekuatan yang lebih besar saat melewati tanjakan dan jalan berlubang, serta mempunyai durability yang lebih kuat. Mobil ini juga memiliki body clearance yang tinggi sehingga mudah melewati banjir karena posisi saluran udara dan ECU Mesin juga lebih tinggi dibandingkan Honda Mobilio.

Pada eksterior bagian belakang, Daihatsu Xenia telah dilengkapi dengan spoiler dan HMSL, sedangkan bawaan standar Honda Mobilio belum dilengkapi dengan spoiler. Fitur Keamanan yang dimiliki oleh Xenia lebih lengkap dengan disematkannya rear wiper di semua tipe, sehingga akan membantu visibility ke arah belakang terutama pada saat kondisi hujan, selain itu Xenia telah dilengkapi dengan sensor parkir yang akan membantu pengemudi memarkirkan mobilnya secara lebih aman dan nyaman, sedangkan Honda Mobilio tidak dilengkapi dengan fitur keamanan sensor parkir.

Jika dilihat dari perbandingan exterior antara Xenia Vs Mobilio diatas terlihat bahwa Xenia memiliki berbagai keunggulan yang dibutuhkan mobil jenis MPV di Indonesia, yaitu mobil keluarga yang multifungsi, aman, dan nyaman untuk dikendarai. Honda mobilio pada saat ini diminati karena merupakan model baru dan memiliki dimensi yang lebih panjang jika dibandingkan dengan Xenia, akan tetapi dengan panjangnya dimensi pada Honda Mobilio menjadikan mobil ini menjadii kurang lincah dan mempunyai radius putar yang besar untuk ukuran MPV perkotaan, sehingga akan kesulitan pada saat bermanuver & putar balik di jalanan yang sempit. Selain itu, tingginya tingkat resiko banjir di kota – kota besar seperti Jakarta seperti saat ini, Xenia dengan body clearance yang tinggi dinilai lebih aman dalam melewati genangan air dibandingkan Honda Mobilio.

Perbandingan Interior Mobil Honda Mobilio vs Xenia

Daihatsu Xenia kini telah hadir dengan Dual SRS Airbags, fitur keselamatan ini merupakan terobosan baru dari Daihatsu untuk memberikan tingkat keselamatan dan keamanan extra yang akan melindungi dada, kepala pengemudi maupun kepada penumpang bagian depan pada saat terjadi tabrakan. Airbag ini tersedia di seluruh varian Mobil Xenia dengan spesifikasi yang sama.

Desain interior New Xenia terlihat lebih fresh dan stylish, ada beberapa perubahan di bagian dashboard yaitu dengan adanya penambahan ornamen silver di center cluster dan register AC. Stir mobil Xenia yang baru didesain lebih sporty dengan adanya penambahan silver painted ornamen di bagian kiri dan kanan stir. Untuk mobil dengan transmisi manual, pada Mobil Xenia kini telah dilengkapi dengan Chrome Plated Shift Knob sehingga penampilannya terlihat lebih mewah. Sedangkan pada Honda Mobilio, Silver Painted Ornament hanya terletak pada Center AC Register dan pada bagian bawah stir.

Volume bagasi merupakan keunggulan lain Xenia jika dibandingkan dengan Honda Mobilio, karena Xenia memiliki bagasi terluas dikelasnya yaitu 185 Liter yang mampu memuat banyak barang, sedangkan Honda Mobilio memiliki volume bagasi yang lebih kecil yaitu 135 liter. Hal ini dibuktikan dengan kemampuan Xenia menampung 4 ( empat ) galon air mineral dalam posisi vertikal, sedangkan bagasi Honda Mobilio tidak mampu memuat galon air mineral.

Perbandingan Harga Honda Mobilio vs Xenia

Sebagai mobil keluarga, harga tentu menjadi pertimbangan utama apakah akan membeli mobil secara tunai ataukah mengambil Kredit Honda Mobilio atau Daihatsu Xenia. Jika dilihat dari segi harga, Daihatsu Xenia memiliki lebih banyak variasi yaitu 14 ( empat belas ) type mulai dari harga Rp. 144.100.000 sampai dengan harga Rp. 198.800.000. Sedangkan Honda Mobilio hanya tersedia dalam 4 ( empat ) type mobil yang dibanderol dengan harga mulai Rp. 159.500.000 hingga Rp. 198.000.000.