Pages

Monday, March 24, 2014

Cara Menghubungkan Keyboard Musik dengan Komputer

Cara Menghubungkan Keyboard Musik dengan Komputer - Tahukah Anda bahwa alat musik keyboard yang biasa dipergunakan untuk memainkan musik bisa dimanfaatkan sebagai controller atau alat musik untuk memainkan program musik di laptop atau PC komputer.

Tutorial ini tentunya akan sangat bermanfaat untuk menambah pengetahuan bagi Anda yang tengah belajar tentang keyboard, tidak hanya bagi yang sedang belajar musik di sekolah musik akan tetapi juga bagi Anda yang belajar keyboard secara otodidak.

Ada tiga benda penting yang harus Anda persiapkan agar bisa mengubah keyboard menjadi controller yaitu :
  • Laptop / Desktop komputer yang dilengkapi dengan program musik, contohnya : Pro tools, FL Studio, Cubase dll
  • Alat musik keyboard yang mempunyai output berupa MIDI atau USB
  • Kabel USB yang berfungsi untuk menghubungkan antara keyboard dengan komputer. Kabel ini sama jenisnya dengan kabel yang digunakan untuk menghubungkan printer dengan komputer/ laptop.

Langkah – langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah sebagai berikut :
  • Hidupkan alat musik keyboard
  • Jalankan program musik FL studio atau bisa juga program musik lainnya yang telah terinstall di komputer
  • Masuk ke menu option program musik tersebut, biasanya disitu tersedia beberapa pilihan atau opsi Input, pilihlah enable / aktifkan
  • Kemudian cobalah tekan tombol keyboard, hal ini untuk memastikan koneksi telah aktif. Pilih instrumen di program musik komputer sesuai dengan selera Anda.Jika sudah aktif akan muncul bunyi yang sesuai dengan isntrument yang aktif.
  • Jika bunyi / suara asli yang berasal dari keyboard terdengar mengganggu , sebaiknya volumenya dikecilkan. Hal tersebut tidak mempengaruhi volume yang terdapat pada program musik. Untuk mengatur volume di program musik pengaturannya langsung dilakukan dengan PC komputer/ laptop
Simak juga artikel musik menarik lainnya tentang keyboard " Tips Membeli Keyboard Bekas "