Pages

Monday, March 24, 2014

Persiapan Manggung Bagi Keyboardist

Anda sudah beli keyboard yang super lengkap, dengan harga super mahal. Namun tetap merasa pesimis tiap kali tampil? Mungkin itu terjadi karena kurangnya kemampuan diri atau support dari orang-orang terdekat. Pesimisme ini kadangkala membawa musibah saat Anda tampil diatas panggung, bisa suara keyboard yang mati atau bahkan lupa kunci-kunci musik.

Persiapan Manggung Bagi Keyboardist
Persiapan Manggung Bagi Keyboardist
Karena itu, sebelum tampil sebaiknya Anda melakukan persiapan matang, baik secara teknik maupun mental. Secara mental Anda bisa persiapkan diri dengan berolahrga secara teratur. Sehingga saat anda mengalami kegugupan ketika tampil, anda lebih mampu mengontrol detak jantung dan sistem pernapasan. Sering-seringlah bercermin dan katakan diri Anda mampu.

Biasanya cara ini sangat efektif membantu Anda lebih percaya diri. Untuk persiapan teknis yang harus anda perhatikan adalah tombol keyboard itu sendiri. Bukan tidak mungkin sesaat sebelum pertunjukan keyboard Anda tiba-tiba mengalami kerusakan. Inilah pentingnya memiliki keyboard cadangan yang selalu tersedia didalam mobil.

Kedua cek suaranya, jangan sampai ada suara dalam keyboard yang berubah atau menjadi tidak indah. Jika Anda membiarkan hal ini, penampilan anda bisa kacau. Lantaran musik yang Anda tampilkan tidak terdengar enak ditelinga. Terakhir lakukan latihan setengah jam sebelum tampil. Latihan akan membuat Anda mengetahui kelemahan teknis keyboard.

Sehingga, apabila dirasa ada yang kurang, Anda bisa cepat-cepat menggantinya dengan keyboard baru. Tentu saja latihan ini tidak dilakukan sendiri, melainkan berbarengan dengan kawan satu band yang saling menilai kekurangan atau kelemahan satu sama lain. Setelah semua persiapan dilakukan tampillah dengan kepala tegak dan optimis bahwa pertunjukkan Anda akan berjala lancar.