Pages

Monday, March 24, 2014

Manfaat Belajar bermain Drum Bagi Anak

Pada saat ini kesadaran orang tua akan pendidikan musik bagi anak sudah semakin meningkat, hal ini lebih dipengaruhi oleh adanya manfaat yang bisa diperoleh dari permainan alat musik yang diajarkan. Seperti misalnya berlatih alat musik drum, gitar, keyboard, piano dan berbagai alat musik tiup. Pendidikan musik bisa diberikan melalui sekolah musik atau kursus - kursus yang pada saat ini banyak menjamur di tengah masyarakat.

Salah satu kursus alat musik yang banyak diminati adalah kursus drum, dengan belajar musik drum ada banyak sekali manfaat yang bisa diperoleh, antara lain : Manfaat belajar bermain drum yang pertama adalah membuat tubuh menjadi sehat, mengapa? Karena bermain drum membutuhkan koordinasi tubuh, yaitu kedua tangan, dan kaki. Sehingga aktifitas fisik ini juga bisa digunakan untuk melatih otot – otot tubuh seperti halnya dengan berolahraga.

Manfaat kedua adalah terhadap mental dan psikis, jika Anda ingin menjadi seorang drummer prodesional tentunya membutuhkan energi, ketekunan dan kerja kerja. Drummer adalah orang yang bertekad kuat, fokus, dan memiliki konsentrasi yang sangat baik. Tiga hal tersebut tentu sangat bermanfaat dan dapat diterapkan dalam segala situasi kehidupan sehari-hari. Ketika memainkan sebuah irama, seluruh bagian pada otak drummer (otak kiri dan kanan) bekerja. Otak kiri bekerja untuk menggerakan tubuh bagian kanan, dan otak kanan bekerja untuk menggerakan tubuh bagian kiri. Selain menggerakan tubuh, otak juga bekerja untuk memastikan bahwa tempo permainannya tepat dan konsisten.

Selain itu berlatih drum pada anak – anak sangat berguna untuk mengembangkan kecerdasan mereka, karena akan membantu keseimbangan otak kanan dan kiri pada anak – anak, selain itu bagi Anda yang memiliki puta/ putri yang menderita ADD ( attention deficit disorder ) atau AHD ( attention deficit hyperactivity disorder) ternyata dengan pelatihan permainan drum akan membantu pertumbuhan otak mereka, dan membantu mereka menyalurkan energi dan waktu mereka untuk hal yang positif.

Sebenarnya masih ada banyak lagi manfaat yang bisa diperoleh dari permainan alat musik drum, bahkan menjadi seorang musisi dalam sebuah group band juga besar manfaatnya dalam membangun rasa percaya diri, karena dalam sebuah band seorang drumer tidak akan bermain sendiri, ada anggota lain yang memainkan jenis alat musik yang berbeda. Sehingga setiap anggota memiliki peran masing- masing. Dari ikatan kerjasama dalam satu group band inilah terjadi proses sosialisasi, pada saat kerja keras gorup atau individu ini membuahkan hasil maka akan timbul penghargaan terhadap prestasi yang diraih dan akan bermuara pada meningkatnya rasa percaya diri.