Pages

Wednesday, December 11, 2013

Istilah – istilah Dalam Teknik Permainan Gitar

Di dalam Teknik permainan gitar baik itu gitar elektrik maupun gitar akustik ada beraneka ragam istilah dan harus dikuasai oleh seorang gitaris. Apalagi jika ingin belajar bagaimana membaca tabulator gitar dengan benar, istilah – istilah dalam teknik permainan gitar seringkali muncul, seperti legato, arpeggio, sweep picking dan lain – lain.

Bagi Anda yang mengikuti kursus gitar di sekolah musik istilah – istilah dalam teknik permainan gitar tersebut mungkin sudah tidak asing lagi, karena menjadi salah satu pelajaran dasar dalam belajar gitar. Akan tetapi bagi Anda yang belajar gitar secara otodidak tentu agak kesulitan untuk mengetahui tentang ragam teknik dalam permainan gitar.

Berikut ini adalah istilah dalam teknik permainan alat musik gitar yang sering di pakai oleh seorang gitaris profesianal.

1. Alternate Picking adalah teknik memetik gitar menggunakan pick dengan gerakan kebawah dan keatas atau sebaliknya yang dilakukan secara konstan dan bergantian.

2. Slur merupakan salah satu teknik dasar yang harus dikuasai oleh seorang gitaris dalam memainkan gitar elektrik maupun akustik, teknik ini terdiri atas dua macam yaitu, Hammer –on ( ascending slur ) dan Pull- off ( Descending slur ). · Hammer On adalah teknik memetik gitar dengan cara memtik not yang lebih rendah dari 2 not, sementara not pertama masih berbunyi, jari yang lain dari tangan kiri, diketukkan di not ke-2 tanpa harus dipetik lagi.

· Pull –Off adalah teknik memetik senar gitar dengan cara memetik not yang lebih tinggi dari 2 not, sementara not Pertama masih berbunyi, jari yang dipakai untuk menekan not tersebut dilepaskan dengan cara mencongkel senar sampai senar terpetik dan membunyikan not kedua yang lebih rendah.

3. Legato adalah teknik slur yang dilakukan tanpa pemetikan not awal atau not tertentu. Biasanya terdiri atas beberapa slur yang dirangkai menjadi satu kesatuan dalam satu permainan.

4. Bending adalah teknik permainan gitar yang digunakan untuk meninggikan bunyi nada dengan cara di gerakkan ke atas atau ke bawah dalam satu kolom dengan menggunakan jari, Ada 3 macam teknik Bending, yaitu Natural Bending, release bending dan Unision Bending

5. Slide adalah teknik menggeser jari yang menekan senar gitar dengan not tertentu menuju ke not yang lain dengan arah maju atau mundur (Ascending slide atau Descending slide).

6. Harmonic adalah teknik teknik yang dilakukan untuk menghasilkan suara lebih tinggi dari not asal menggunakan teknik sentuhan jari.

7. Tapping adalah Teknik permainan gitar tanpa menggunakan pick atau pemetik, melainkan dengan cara jari-jari kedua tangan berada di neck gitar, maka teknik tapping ini bisa juga disebut teknik Two Handed. Teknik tapping ini didasari oleh teknik slur yaitu Hammer-On dan Pull-Off yang dikombinasikan dengan Tap pada jari tangan kanan.

8. Arpeggio adalah teknik memetik senar dengan cara memecah nada dari sebuah chord atau kunci gitar secara bergantian (teratur) . Paling sering diaplikasikan untuk Sweep Picking (Sweeping) tapi arpegio juga bisa di mainkan dengan teknik lain seperti String Skipping yang di sebut "String Skipping Arpegio".

9. Sweep picking adalah teknik permainan gitar yang dimainkan seperti gerakan mengusap (sweep), dan digunakan untuk memainkan teknik yang di sebut Sweeping.

10. Barre adalah teknik dalam permainan gitar dimana satu jari digunakan untuk menekan beberapa senar atau fret sekaligus.