Pages

Monday, December 9, 2013

Teknik Strumming Pada Gitar Bass

Gitar bass elektrik sering disebut juga dengan Bass saja merupakan alat musik berdawai yang mempergunakan listrik untuk memperbesar volume suaranya. Secara sekilas penampilannya sangat mirip dengan gitar listrik akan tetapi jika Anda jeli memperhatikan Gitar bass memiliki body yang lebih besar dan memiliki bobot yang lebih berat jika dibandingkan dengan gitar listrik biasa dan memiliki fret yang lebih besar.

Didalam memainkan gitar bass dikenal berberapa teknik permainan, salah satu diantaranya adalah teknik strumming. Teknik ini umum diajarkan di sekolah musik sebagai pelatihan dasar bagi para pemula yang mengambil kursus musik gitar bass untuk menjadi seoarang bassis profesional.

Teknik Strumming pada gitar bass dibagi menjadi beberapa bagian yaitu :

Alternate Picking

Adalah teknik memetik gitar bass dengan dua jari atau sampai dengan empat jari secara bergantian. Teknik gitar ini sering disebut juga dengan fingering, teknik ini merupakan hal mendasar yang harus dikuasai oleh para pemain gitar bass.

Up Down Thumb

Adalah teknik strumming dengan menggunakan jempol untuk memetik string bass. teknik permainan ini sering dimainkan oleh Thomas dari group band Gigi.

Slaping Dan Poping

Teknik slap adalah cara memainkan gitar bass dengan cara jempol seperti menampar string gitar bass. Teknik slap sering dimainkan oleh group band Red Hot Chili Pepper.Sedangkan teknik Popping adalah teknik bermain bass dengan cara menarik string lalu melepaskannya kembali dengan cepat sehingga string beradu dengan fret. Teknik Poping pada gitar bass ini biasanya dikombinasikan dengan slap untuk memperoleh karakter suara bass yang unik. Teknik Slap dan Pop ini biasanya digunakan untuk aliran musik Funky, Jazz, Blues, Rock dan lainnya.