Pages

Monday, December 23, 2013

Berencana Jual Mobil Bekas? Simak Tips Berikut Ini

Berencana Jual Mobil Bekas ? kebutuhan akan transportasi baik bagi diri sendiri maupun keluarga sudah tak bisa terelakkan lagi. Agar perjalanan terasa aman dan nyaman sebagian besar orang memilih untuk mempergunakan mobil pribadi. Tapi tahukah Anda bagaimanakah caranya untuk bisa menjual kembali mobil bekas jika sudah tidak sesuai lagi dengan kebutuhan?

Jual Mobil Bekas tidak cukup hanya dengan menempelkan tulisan “Di Jual “ atau mengiklankan mobil bekas tersebut ke berbagai media masa. Ada beberapa hal yang sebaiknya Anda perhatikan jika ingin mempertahankan harga Jual Mobil bekas Anda. Terlebih lagi ada banyak rumor tentang beredarnya Mobil Bekas ( Mobkas ) kebanjiran yang beredar di masyarakat. Tentu saja hal itu jadi momok tersendiri bagi para calon konsumen.

Berikut ini adalah beberapa tips panduan menjual mobil Bekas agar harga mobil tetap bagus dan terhindar dari persepsi negatif:

1. Periksa Kondisi Mobil Bekas

Sebelum mengiklankan mobil bekas Anda, sebaiknya Anda melakukan beberapa persiapan supaya mobil Anda tampil dalam kondisi prima dan tidak akan mengecewakan calon pembeli. Lakukan pengecekan serta perawatan rutin seperti ganti oli, ganti spareparts yang sudah aus, tune –up dan cek fungsi elektrik seperti lampu sein, lampu kabin, lampu utama, central lock, power window dan jangan lupa cek AC mobil apakah masih berfungsi dengan baik ataukah tidak. Kondisi Jakarta yang seringkali tergenang banjir membuat orang memiliki persepsi negatif terhadap mobil bekas, hal ini wajar saja, karena calon pembeli tentunya tidak ingin tertipu dengan membeli mobil bekas kebajiran yang akan menyebabkan biaya perbaikan mobil membengkak.

2. Perhatikan Eksterior dan Interior

Hal pertama yang akan dilihat oleh calon pembeli mobil bekas adalah tampilan eksterior mobil , oleh karena itulah kesan pertama harus menjadi perhatian utama Anda. Karena kesan pertama akan berpengaruh secara langsung terhadap harga tawar mobil bekas yang cenderung tinggi. Oleh karena itu kebersihan mobil baik pada bagian dalam ( interior ) maupun bagian luar (eksterior) harus Anda perhatikan betul - betul. Proses ini bisa Anda lakukan sendiri atau jika Anda sibuk bisa membawanya ke salon mobil. di salon mobil kendaraan Anda tidak hanya akan dibersihkan akan tetapi juga akan dipoles untuk menghilangkan goresan ringan pada permukaan cat dan wax untuk melindungi cat mobil serta untuk membuatnya tampak mengkilap.

Pasti calon pembeli mobil bekas, pertama kali akan memperhatikan tampilan eksteriornya, maka dari itu kesan pertama harus diperhatikan dengan seksama. Dengan proses seperti itu secara langsung akan berdampak pada harga tawar mobil bekas yang cenderung tinggi. 3. Sinkronkan Harga Pasaran

Cari Informasi tentang harga jual mobil bekas seperti yang Anda miliki di pasaran. Informasi tersebut bisa Anda jadikan patokan untuk menentukan kisaran harga jual mobil bekas Anda, seperti faktor kondisi mobil, lapisan cat pada body masih mulus ataukah tidak, kondisi kaki –kaki, sasis, jarak tempuh, power steering, performa mesin dan sebagainya. Selain itu riwayat perawatan mobil Anda serta asuransi mobil yang Anda miliki bisa semakin meningkatkan nilai jual mobil Anda. Hal tersebut semakin menunjang informasi kondisi mobil yang akan Anda Jual, dengan demikian calon pemebli akan semakin percaya bahwa mobil bekas yang Anda jual benar – benar dalam kondisi yang baik. Jadikan kisaran harga jual mobil bekas tertinggi yang Anda tentukan sebagai pembuka (sebelum mobil bekas tersebut ditawar ) kecuali jika Anda memang ingin menjual tersebut dengan cepat .

4. Tekhnik Menjual Mobil Bekas

Jika segala persiapan untuk jual Mobil Bekas telah terpenuhi , maka segera tentukan teknik apa yang akan digunakan untuk menjual mobil bekas tersebut, apakah secara online ataukah online ataukah keduanya. Seperti kita ketahui saat ini bursa jual beli mobil baru maupun bekas di ranah internet sudah semakin marak, hal ini dipengaruhi karena pengguna internet di Indonesia dari tahun ketahun terus mengalami peningkatan. Salah satu situs media iklan GRATIS yang banyak direkomendasikan adalah Otopedia.com.

5. Menjual Mobil Bekas ke Dealer Mobil

Jika Anda memutuskan untuk menjual mobil bekas ke dealer, biasanya pedagang atau pemilik delar akan membeli mobil bekas yang Anda tawarkan tersebut apapun kondisinya apakah itu bodynya sudah penyok, cat terkelupas dan banyak goresan, bahkan jika ada bagian pada mobil Anda ada yang hilang. Hal itu tidak terlepad dari cocoknya harga yang disepakati . akan tetapi menjual mobil bekas ke dealer ada kelebihan dan kekuarangannya. Kelebihan : Jual Mobil Bekas ke dealer gampang dan tidak perlu repot, biasanya dealer akan menangani semua urusan tetetk bengek dokumen mobil hingga pada urusan pembayaran hingga tuntas. Transaksi dengan dealer relatif aman dan cukup sederhana. Kekurangan : Jual mobil Bekas ke dealer walaupun mudah akan tetapi biasanya dealer akan menawar dengan harga yang relatif lebih rendah jika dibanding dengan harga yang berlaku di pasaran.

6. Menjual Ke Pemakai atau End-user

Menjual Mobil bekas secara langsung kepada calon pembeli / end user melalui media iklan di internet tengah menjadi trend saat ini, pembeli bisa berinteraksi secara langsung dengan penjual tanpa harus melalui perantara, kelebihan dengan mengiklankan mobil bekas di media iklan seperti Otopedia .com pemilik mobil bisa jual mobil bekasnya dengan harga yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan menjual ke dealer.

7. Serah terima mobil

Setelah ada kesepakatan harga Jual Mobil Bekas antara Anda dan pembeli, maka transaksi merupakan hal terpenting selanjutnya yang harus Anda perhatikan, terutama jika Anda menjualnya kepada end user. Sebaiknya gunakan cara pembayaran yang aman, yaitu dengan mentransfer uang melaui bank, hal ini untuk menghindari penerimaan uang palsu. Jangan lupa untuk membuat berita acara serah terima bahwa mobil telah Anda jual secara sah. Hal ini untuk menghindari hal – hal yang tidak diinginkan di kemudian hari, misal terjadi tindak kejahatan dengan mempergunakan mobil yang terlah Anda jual tersebut, dan Anda lah yang dicari –cari oleh pihak kepolisian , sebab data yang ada masih mempergunakan nama dan alamat Anda.