Pages

Wednesday, December 11, 2013

Teknik Picking Dalam Melodi Gitar

Gitar merupakan alat musik yang sangat populer untuk dimainkan, banyak remaja yang menyukai alat musik ini karena suaranya yang merdu, gitar bisa dimainkan secara kelompok maupun individu. Jika Anda mempelajari gitar maka Anda akan dikenalkan dengan berbagai teknik, salah satunya adalah teknik Picking.

Teknik Picking merupakan teknik dasar dalam permainan melody gitar yang diajarkan di Sekolah Musik, karena menjadi modal dasar seorang lead guitar. Teknik ini adalah teknik memetik senar gitar satu persatu, teknik picking sangat mempengaruhi kebersihan dan kecepatan dalam bernain melodi gitar.

Gitaris pemula seringkali mempergunakan ibu jari / jempol saat bermain melodi. Hal tersebut sebenarnya kurang tepat bahkan cenderung salah, hal ini dikarenakan kita akan menjadi kesuitan apabila tempo melodi yang dimainkan cepat.

Teknik Picking dalam Melodi Gitar hampir mirip dengan teknik strumming, yang membedakan dari kedua teknik ini adalah pada jumlah senar yang dipetik, pada picking senar yang dipetik adalah satu senar, sedangkan strumming adalah teknik memetik senar gitar secara keseluruhan/ sekaligus.

Teknik Picking dalam melodi gitar yang umum digunakan adalah downstroke, upstroke, alternate picking, sweepicking dan tremolo picking.
  1. Downstroke adalah teknik memetik senar gitar dari arah atas ke bawah, dalam tabulature gitar dilambangkan dengan ( V ).
  2. Upstroke adalah teknik memetik senar gitar dari arah bawah ke atas, dalam tabulature gitar dilambangkan dengan (^).
  3. Alternate Picking adalah gabungan dari Downstroke-Upstroke atau sebaliknya.
  4. Sweepicking adalah teknik “menyapu” senar gitar secara bersamaan. Sweepicking bisa dimainkan dari atas ke bawah atau sebaliknya. Biasanya untuk memainkan arpeggio.
  5. Tremolo picking adalah teknik memetik satu nada secara berulang dengan cepat, biasanya menggunakan downstroke-upstroke ataupun sebaliknya.