Pages

Tuesday, December 10, 2013

Mengenal Alat Musik Keyboard

Alat musik keyboard pada dasarnya merupakan pengembangan dari alat musik piano yang didesain sedemikian rupa sehingga kaya akan fitur – fitur suara. Permainan alat musik keyboard sangat populer di Indonesia, dan menjadi salah satu alat musik yang banyak di ajarkan di sekolah – sekolah musik.

Keyboard dimainkan dengan cara menekan tuts –tuts sesuai nada lagu yang diinginkan, jari – jari kanan digunakan untuk memainkan melodi lagu dan jari – jari kiri untuk memainkan chord untuk mengiringi lagu.

Alat musik keyboard biasanya terdiri atas tiga jenis yaitu accompaniment Keyboard, digital piano keyboard dan Digital Synthesizer and workstation keyboard.
  1. Accompaniment Keyboard , keyboard ini sering disebut juga dengan electone keyboard atau organ tunggal. Didalam keyboard ini terdapat paket fasilitas style yang terdiri atas pemain gitar, pemain drum, pemain bass, pemain string section, dan pemain brass section.
  2. Digital Piano Keyboard, keyboard ini bisa digunakan sebagai pengganti piano, sdigital piano ini umumnya dilengkapi dengna suara piano elektrik dan piano akustik. Ciri khusus dari digital piano ini adalah mempunya i 88 keys dengan tuts yang dibuat semirip mungkin dengan piano akustik.
  3. Digital Synthesizer and workstation keyboard adalah alat musik keyboard yang dilengkapi dengan persediaan suara yang jauh lebih baik dan lebih banyak jika dibandingkan dengan keyboard lain. Alat musik keyboard tersebut juga dilengkapi dengan proses editing, creating dan combining.