Pages

Monday, December 9, 2013

Mengenal Aksesoris Alat Musik Gitar Dan Fungsinya

Gitar merupakan alat musik yang sangat populer di Indonesia, terutama di kalangan remaja. Jika pada saat ini Anda-pun tengah belajar Musik gitar, baik itu belajar secara otodidak maupun dengan mengikuti kursus gitar di Sekolah Musik ada baiknya mengetahui tentang aksesoris gitar dan fungsinya untuk menambah pengetahuan.

Alat musik gitar memiliki beragam aksesoris yang bisa digunakan pada saat bernain gitar maupun pada saat merawat gitar. Berikut ini adalah Aksesoris alat musik gitar dan fungsinya :

1. Capo

Capo merupakan alat penjepit senar gitar, yang fungsinya adalah untuk menaikkan nada dasar pada setiap senar. Capo pada umumnya digunakan untuk menjepit semua senar gitar, akan tetapi ada juga yang hanya menjepit 4 senar atau 5 senar. Tujuannya dalah untuk memperoleh nada – nada yang lebih variatif pada saat senar gitar dibunyikan. Contoh penggunaan capo adalah misal capo dijepitkan pada fret 2 dan membentuk chord C, maka bunyi chord tersebut adalah D. Hal tersebut karena Capo menaikkan nada senar gitar.

2. String Winder

String Winder berfungsi untuk memutar alat pemutar yang berada di head gitar agar pekerjaan mengganti senar menjadi lebih mudah dan cepat. Akan tetapi tidak disarankan untuk menyetem senar gitar dengan menggunakan alat ini karena dapat memutar secara berlebihan sehingga bisa mengakibatkan senar gitar putus.

3. Pickup & Preamp & Sound Hole Guitar

Pick merupakan aksesoris gitar yang berfungsi untuk menangkap suara senar gitar ke sound system ( sound speaker, preamp, sound effect ). Aksesoris tersebut biasanya ditempatkan didalam gitar akan tetapi ada juga yang hanya ditempelkan ke head gitar atau sound hole. Preamp berfungsi sebagai equalizer sederhana pada suara senar gitar yang ditangkap pickup gitar. Yagn dimaksud dengan sound hole gitar adalah lubang yang digunakan untuk mencolok kabel jack gitar, gunakanya dalah untuk menghubungkan preamp gitar ke sound system.

4. Guitar Stand

Guitar Stand adalah alat yang berfungsi untuk mendirikan gitar atau bisa juga digunakan untuk menyimpan gitar agar aman . Guitar stand atau stand gitar pada umumnya terdiri atas dua jenis , yaitu stand gitar yang diletakkan di lantai dan stand gitar yang ditempelkan pada dinding, Stand Gitar dilantai memposisikan gitar dalam keadaan berdiri, sedangkan stand yang ditempelkan pada dinding, gitar ditaruh pda posisi menggantung.

5. Strap

Merupakan aksesoris pada gitar yang berfungsi untuk membantu gitaris memainkan gitar sambil berdiri. Biasanya aksesoris ini digunkana oleh gitaris yang memakai gitar listrik, akan tetapi ada juga yang memakainya pada gitar akustik.

6. Tuner

Tuner adalah alat yang berfungsi untuk menyetem gitar sesuai dengan keinginan dan kebutuhan. Pada umumnya tunner dipergunakan dengan cara dijepitkan pada neck gitar, akan tetapi ada juga yang digunakan dengan cara dicolokkan pada sound hole. Tuner akan menunjukkan suara senar gitar pada nada apa, sehingga gitaris dapat mennyetem ke nada yang diinginkan.

7. Guitar Pickguard

Aksesoris ini berfungsi untuk melindungi body gitar dari lecet yang disebabkan oleh petikan atau genjrengan oleh kuku jari. Pickguard biasanya ditempelkan di samping lubang gitar dan biasanya digunakan oleh gitar berjenis Folk

8. Pick / Fingerpick

Aksesoris gitar pick / fingerpick berfungsi untuk membantu dalam memetik senar gitar. Perbedaan antara pick dan fingerpick hanya pada cara pemakaiannya saja. Untuk Pick, cara penggunaannya dalah dengan dipengang dengan jari telunjuk, jari tengah dan jempol. Akan tetapi untuk fingerpick , cara pemakaiannya tinggal dimasukkan kedalam jari.

9. Hardcase/ Softcase Guitar

Aksesoris gitar ini disebut juga dengan tas gitar, yang berfungsi untuk memudahkan untuk membawa gitar kemanapun.