Pages

Thursday, December 12, 2013

Belajar Teknik Bending Pada Gitar

Belajar Teknik Bending Pada Gitar - Dalam memainkan alat musik gitar dikenal berbagai macam teknik, salah satunya adalah Bending. Teknik ini banyak digunakan pada musik blues dan rock. Bagi Anda para pemula baik yang sedang belajar musik gitar di sekolah musik maupun yang sedang belajar secara otodidak teknik bending ini sangat penting untuk dikuasai karena merupakan salah satu teknik dasar dalam permainan gitar.

Apa itu teknik Bending? Teknik bending adalah teknik sekali petik pada satu fret dengan mempergunakan satu jari. Pada dasarnya teknik bending pada alat musik gitar terdiri atas tiga macam, yaitu Single String Bending, Double String Bending dan Vibrato. Berikut ini penjelasan bagaimana cara memainkan teknik bending.

1. Single String Bending
Caranya adalah : Posisikan jari tangan Anda pada fret ke -3 senar ke -2 atau nada D, kemudian dengan tetap menekan fret tersebut, arahkan senar tersebut keatas sehingga nada yang dihasilkan semakin tinggi. Pertahankan posisi tersebut dan jangan biarkan turun kembali. Sesuaikan ketinggian nada dengan kebutuhan.

2. Double String Bending
Caranya adalah dengan melakukan bending dua nada sekaligus (sekali petik ). Teknik bending pada jenis ini paling umum mempergunakan senar ke – 2 dan ke -3. Posisikan kedua jari tangan Anda pada fret ke-3 senar 2 dan 3. Petik kemudian arahkan sambil menekan senar tersebut keatas sehinga menghasilkan nada yang semakin tinggi

3. Vibrato
Vibrato merupakan teknik pada gitar untuk menaik turunkan senar gitar dengan cepat. Terdapat dua macam cara vibrato , yaitu secara vertikal dan horisontal. Cara vertikal adalah dengan melakukan bending up-down dengan tingkat kenaikan nada yang tidak tinggi bahkan cenderung paling rendah Vibrato bukan dimaksudkan untuk merubah nada akan tetapi hanya semacam efek suara. Sedangkan posisi Horisontal dilakuakan dengan cara menggerakkan sedikit jari tangan Anda secara mendatar melewati fret yang lain. Para pemain gitar pada umumnya mempergunakan teknik ini setelah melakukan bending up-down.