Pages

Monday, December 9, 2013

Kesalahan Dalam Bermain Gitar Dan Solusinya

Kesalahan Dalam Bermain Gitar Dan Solusinya - Bagi para gitaris pemula, baik yang sedang belajar musik gitar di sekolah musik maupun yang belajar secara otodidak, seringkali tidak menyadari beberapa kesalahan yang dilakukan dalam bermain gitar sehingga membuat permainan gitar menjadi tidak enak untuk didengar dan tidak menghasilkan permainan gitar yang maksimal.

Beruntung bagi gitaris pemula yang belajar musik di Sekolah Musik karena kesalahan dalam bermain gitar ini akan mudah diketahui oleh pengajar, akan tetapi bagaimana dengan yang belajar secara otodidak? Tentu kesalahan dalam permainan ini akan lebih lambat untuk disadari sehingga bermain gitar terasa melelahkan dan kuku di jari kiri terasa cepat sakit.

Berikut ini adalah kesalahan dalam bermain gitar dan solusinya :
1. Posisi jari dalam bermain chord salah dan kurang adanya penekanan jari pada senar sehingga menyebabkan efek buzz dengan kata lain senar gitar pada saat dipetik mengeluarkan suara yang terdengar seperti suara lebah “zret –zret” dan “dep – dep”. Kedua suara tersebut muncul akibat dari posisi jari yang salah dan kurang kuat.
Solusi :
Ø Cobalah untuk mengatur posisi jari senyaman mungin dan usahakan agar jari tidak bersentuhan dengan senar lain yang seharusnya tidak ditekan, selain itu atur juga posisi telapak tangan dan jempol . Hal ini bertujuan untuk membantu jari – jari membentuk chord secara sempurna.
Ø Tekanlah senar giar sekuat mungkin, hal ini bertujuan untuk memastika bahwa penekana pada senar gitar telah benar – benar mantap dan tidak akan menghasilkan efek buzz pada gitar. Apabila membunyikan senar dengan kekuatan tertentu dan tidak menghasilkan efek buzz maka penekanan pada senar telah cukup.

2. Menggenjreng gitar pada chord tertentu secara sembarangan. Ada beberapa chord dalam permainan gitar yang tidak seharusnya digenjreng atau dimainkan semua dari senar 6 sampai senar 1. Hal ini mengakibatkan suara gitar terdengar tidak enak, meskipun semua senar yang ditekan menghasilkan suara yang sempurna. Hal ini biasanya diakibatkan oleh tingginya semangat para gitaris pemula sehingga menggenjreng semua senar.
Solusi :
Ø Cobalah untuk memperhatikan chord yang ada dan perhatikan mana chord yang seharusnya dibunyikan dan tidak. Perhatikan senar bass yang menjadi patokan chord tersebut, dengan demikian suara yang dihasilkan chord gitar yang di genjreng akan terdengar enak untuk didengar.

3. Memetik gitar dengan keras terutama saat menggenjreng gitar. Tidak semua lagu akan terdengar indah jika dimainkan dengan keras, sehingga permainan gitar yang seharusnya bisa menghibur orang lain malah justru akan terdengar saat mengganggu.
Solusi :
Ø Cobalah untuk menghayati setiap lagu yang dimainkan dan perhatikan jenis lagu tersebut, apakah lagu tersebut bernada gembira ataukah sedih. Jika lagu tersebut bernada sedih maka ritme yang dimainkan juga tidak terlalu keras suaranya. Demikian pula dengan lagu yang bernada gembira, bisa dimainkan dengan keras akan tetapi tetap memperhatikan ritme yang enak didengar.