Pages

Friday, December 20, 2013

Belajar Teknik Pinch Harmonic Pada Gitar

Pada permainan alat musik gitar terdapat banyak sekali teknik permainan, salah satunya adalah Teknik Pinch Harmonic atau disebut juga dengan teknik feedback. Banyak orang mengira teknik permainan gitar yang menghasilkan suara seperti orang menjerit tersebut sulit untuk dimainkan, karena teknik ini biasa dimainkan oleh para pemain gitar profesional. Seperti Jhon Petruci, Joe Satriani, Herman Lii dan para gitaris metal, rock dll.

Sebenarnya apa yang di maksud dengan Pinch Harmonic ? bagi Anda yang belajar musik gitar di Sekolah musik tentu tidak asing dengan istilah ini, dan bagi Anda penyuka musik rock atau blues tentu juga sering mendengar bunyi gitar yang mirip dengan jeritan atau lolongan serigala, nah itulah yang dimaksudkan dengan bunyi Pinch Harmonik. Teknik ini biasanya dikombinasikan dengan handle pada gitar agar memberikan kesan panjang mengayun.

Pada dasarnya teknik Pinch harmonic hanya mengurangi getaran pada senar gitar secara mendadak, sehingga pick – up gitar hanya akan menangkap bunyi resonansinya saja. Agar bunyi Pinch Harmonic terdengar lebih keras dan matang, biasanya ditambah dengan efek overdrive atau distorsi.

Cara melakukan teknik Pinch Harmonics pada gitar, pada dasarnya tidak terlalu rumit karena tidak lebih dari teknik menyenggol senar dengan mempergunakan sisi ibu jari bagian dalam, saat senar dipetik pada nada lagu tertentu. Misal pada nada E, saat senar dipetik pada saat itu jugalah sisi dalam ibu jari langsung menyentuh senar tersebut dengan cepat. Teknik Pinch Harmonics dipengaruhi juga oleh kekuatan picking pada tangan kanan, apabila power petikan senar terlalu keras, kadang bunyi harmonics justru tidak keluar malah hanya akna menghasiljan sustain yang pendek.