Pages

Saturday, December 14, 2013

Teknik Improvisasi Pada Permainan Keyboard

Dalam permainan keyboard dikenal berbagai macam teknik permainan, salah satunya adalah teknik improvisasi. Teknik ini merupakan teknik dasar yang harus dikuasai oleh para pemain keyboard sehingga bisa menghasilkan permainan musik yang indah, teknik improvisasi menjadi salah satu pelatihan dasar di sekolah musik.

Di dalam teknik improvisasi terdapat beberapa jenis teknik, antara lain adalah :

  • Artikulasi, yaitu teknik membunyikan setiap not pada keyboard secara jelas dan bena
  • Glisando, yaitu teknik memainkan nada – nada pada keyboard secara berurutan, baik dari nada rendah ke tinggi maupun sebaliknya.
  • Arpeggio, yaitu teknik memainkan nada – nada lagu secara berurutan, baik dari nada yang rendah maupun ke nada yang tinggi, teknik ini hampir sama dengan Glisando akan tetapi nada dalam Arpeggio biasanya adalah nada – nada yang menjadi pembentuk Chord lagu.
  • Double Not , yatu teknik membunyikan dua nada sekaligus yang ada di dalam sebuah accord
  • Conjunc Motion yaitu teknik pergerakan melodi yang pada setiap nadanya berhubungan dengan nada yang terdekat.
  • Contrary Motion, yaitu teknik memainkan beberapa bagian nada lagu dimana yang satu menuju pada jenjang nada yang lebih tinggi, sedang pada bagian berikutnya nada menurun.
  • Paralel Motion, yaitu teknik memainkan nada-demi nada pada keyboard secara bersamaan di dalam setiap interval.

Belajar Musik keyboard akan lebih mudah jika Anda memiliki sendiri alat musik keyboard tersebut, dan penguasaan terhadap teknik – teknik permainan akan lebih cepat dikuasai karena bisa berlatih secara rutin kapanpun Anda inginkan. Dengan marak beredarnya alat musik keyboard palsu akhir – akhir ini sebaiknya Anda beli keyboard di dealer resmi, hal ini untuk menghindari memperoleh keyboard palsu. jangan mudah tergiur dengan murahnya harga yang ditawarkan di pasaran karena bisa jadi komponen – komponen didalam keyboard tersebut sudah diganti dengan yang tidak asli.