Pages

Friday, December 20, 2013

Teknik Dasar Permainan Alat Musik Keyboard

Untuk menjadi seorang pemain Alat Musik Keyboard yang profesional, dibutuhkan latihan yang rutin dan wajib menguasai teknik dasar permainan. Jika teknik dasar permainan sudah dikuasai maka akan lebih mudah mengembangkan ke teknik permainan lain yang lebih tinggi.

Teknik dasar yang biasanya diajarkan di Sekolah Musik biasanya terdiri dari teknik fingering, touching, rhytm, harmony dan reading. Berikut ini adalah beberapa tips tentang teknik dasar untuk belajar bernain keyboard:

• Fingering, teknik ini ditujukan agar posisi jari dan tangan pada saat bermain berada dalam posisi yang benar. Dan juga agar bentuk jari pada saat bermain di atas tuts berada dalam posisi yang sempurna. Latihan fingering ini mencakup tangga nada dan cadence.
• Touching , teknik permainan ini ditujukan agar pemain mengerti interpretasi dalam bermain musik, jadi tidak hanya sekedar bermain musik tapi tidak ada penghayatan. Anda akan akan mengetahui dimana harus bermain keras, lembut, sehingga keyboard bisa dimainkan dengan aksen yang tepat, ada dinamika, feeling dan ekspresi.
• Rhythm dan Tempo, teknik permainan ini ditujuakan agar Anda mengetahui harga dari notes, ketukan, rhytm pattern. Selain itu juga Anda perlu mengetahui tentang penggunaan tempo yang benar
• Harmony, merupakan salah satu teknik dasar permainan keyboard yang ditujukan agar lebih kaya dalam mengembangkan kemampuan pola chords yang dipakai dalam sebuah lagu, mengembangkan bunyi yang dimainnkan dari chord yang dimainkan dan memperluas cara bermain dalam harmonisasi yang bagus, sehingga akan tercipta satu kesatuan yang baik.dengan memiliki pengetahuan harmony yang baik kita bisa membuat aransemen yang pastinya lebih enak .
• Reading , teknik ini ditujukan untuk mereka yang belum bisa membaca not balok ataupun combo partitur. Dengan teknik ini diharapkan di kemudian harinya bisa untuk membaca partitir not balok atau combo part. Dan mengetahui apa yang dimaksud dengan treble clef ( kunci G ), bass clef ( kunci F ) dan key signature dengan memahami tanda – tanda tersebut maka dengan sendirinya Anda sduah tahu lagu tersebut sebaiknya dimainkan di tangga nada apa.