Pages

Wednesday, May 22, 2013

Saatnya Wanita Peduli Kanker

Saatnya Wanita Peduli Kanker
Saatnya Wanita Peduli Kanker
Pada saat ini , sudah semakin banyak masyarakat yang sadar dan memahami akan manfaat Asuransi kesehatan yang akan memberikan perlindungan pada penyakit kritis. Alasan utama pentingnya memiliki asuransi kesehatan adalah perlindungan atas biaya yang tinggi apabila resiko penyakit terjadi, terlebih bila terkena penyakit kritis.

Kanker merupakan salah satu penyakit kritis yang patut untuk diwaspadai, jenis kanker yang dapat menyerang kaum wanita antaralain :
  1. Kanker Payudara: kanker ini terjadi akibat dari munculnya pertumbuhan sel abnormal yang tidak terkendali. Gejala yang bisa diketahui sejak dini adalah keluarnya cairan dari putting susu, pembengkakan dan penebalan kulit, selain itu juga terdapat benjolan dibawah lengan, ruam pada kulit payudara serta muncul areola bersisik memerah dan membengkak.
  2. Kanker Vagina : Kanker vagina bisa menyerang wanita yang telah memasuki masa menopause. Penyebab kanker ini adalah kurangnya menjaga kebersihan alat reproduksi, kebiasaan merokok, mengidap kanker leher rahim serta melakukan hubungan seksual dengan berganti – ganti pasangan.
  3. Kanker Ovarium : kanker ovarioum disebut juga dengan kanker indung telur kanker ini menyerang ovarium ( organ reproduksi wanita diperut bagian bawah dan berbentuk seperti kacang ) kanker ini sangat sulit untuk dideteksi dan biasanya baru disadari setelah stadium lanjut. Faktor pemicu kanker Ovarium diantaranya adalah penggunaan pil KB, terlalu sering mengkonsumsi makanan yang berlemak tinggi, merokok, polusi, kurang tidur dan terpapar virus.
  4. Kista : Kista paling sering ditemui dalam organ reproduksi wanita, kista termasuk dalam tumor jinak yang terbungkus selaput jaringan. Salah satu pemicu tumbuhnya kista adalah udara yang tercemar dan mengandung dioksin, faktor genetic serta berasal dari faktor makanan yang dikonsumsi
  5. Kanker Kulit : kanker kulit sangat rentan menyerang wanita hal ini bisa diakibatkan oleh oleh make-up atau produk skin care yang mengandung bahan kimia berbahaya seperti merkuri. Kanker ini bisa dihindari dengan menjaga kesehatan tubuh agar terhindar dari virus serta menghindari paparan sinar matahari yang mengandung ultraviolet dalam jangka waktu yang lama.
  6. Kanker Endometrium : Kanker endometrium disebut juga kanker rahim, gejala kanker endometrium ini sulit dideteksi hingga stadium lanjut. Pemicu timbulnya kanker ini adalah adanya Ketidakseimbangan hormon. Wanita yang memiliki riwayat penyakit diabetes mellitus, hipertensi serta obesitas rentan untuk terserang penyakit ini.
  7. Miom : Miom adalah Bungkus otot rahim yang kemudian berubah menjadi tumor jinak.iom antara lain : pendarahan selama atau diluar masa menstruasi dalam waktu lama, sulit hamil, pada perut bagian bawah ( rahim ) terasa kenyal dan terdapat benjolan di perut, nyeri hebat pada saat menstruasi. Miom pada ibu hamil tidak boleh diangkat karena beresiko mengakibatkan keguguran.
  8. Kanker Serviks : kanker serviks disebut juga dengan kanker leher rahim, kanker jenis ini merupakan kanker yang sangat ganas. Faktor pemicu kanker serviks adalah berhubungan seksual di usia dini, berganti –ganti pasangan dan sering melahirkan, merokok, mengonsumsi alkohol, kurang menjaga kebersihan organ vital serta terinfeksi virus HPV ( human papiloma virus )

Setiap wanita sebaiknya meewaspadai setiap perubahan fisik yang terjadi pada dirinya karena hal ini dapat mengindikasikan adanya gejala penyakit, khususnya yang mengarah pada kanker. Penyakit kritis menjadi trend yang lebih disebabkan oleh pola hidup yang tidak sehat.

Upaya untuk pencegahan penyakit kritis seperti kanker adalah dengan melakukan deteksi dini dengan pengecekan kesehatan secara berkala. Terkena penyakit kritis bisa memberikan dampak serius terhadap kestabilan finansial seseorang. Namun hal tersebut dapat diatasi dengan asuransi penyakit kritis yang akan melindungi anda dan keluarga secara finansial.