Pages

Thursday, May 30, 2013

Pentingnya Spooring Dan Balancing

Pentingnya Spooring dan Balancing - Pada saat anda mengemudikan mobil pernahkah anda merasakan efek limbung sesaat setelah berpapasan atau di salip oleh mobil yang berukuran lebih besar seperti bus, truk yang melaju dengan kecepatan tinggi? Sebagian orang berasumsi bahwa efek limbung terjadi akibat kecilnya ukuran mobil yang dikemudikan. Benarkah demikian? Sesungguhnya kuncinya terletak pada keselarasan ( spooring ) dan keseimbangan ( balancing ) roda dan setir mobil sebagai komponen penggerak mobil, oleh karena itu informasi otomotif penting buat kita agar tidak terjebak pada asumsi asumsi yang belum tentu benar.

Keselarasan dan keseimbangan mobil yang sudah lama dipergunakan penting untuk diperbaiki karena komponen pada kaki kaki mobil kemungkinan sudah aus, jika komponen tersebut sudah aus bisa menyebabkan penyimpangan pada sudut kelurusan roda mobil. Agar kesabilan dan keselarasan mobil tetap terjaga maka wajib untuk dilakukan spooring dan balancing secara berkala ke bengkel mobil.

Tujuan utama spooring adalah untuk menyelaraskan posisi roda dibagian kanan dan roda pada bagian kiri. bila roda kanan dan kiri tidak seimbang efek yang timbul adalah mobil menjadi limbung dan terasa berat sebelah. Sedangkan tujuan balancing adalah untuk membuat roda belakang menjadi parallel dengan roda bagian depan. Balancing juga penting untuk menghindari getaran kecil saat mobil dijalankan.

Pada saat penyetelan harus dipastikan bahwa roda belakang telah benar- benar paralel dengan roda depan, sebab roda belakang hanya mengikuti gerakan roda depan pada saat melaju, bila kondisi tersebut tidak tercapai bisa mengakibatkan ban mobil cepat menjadi aus dan kestabilan mobil menjadi terganggu. Tujuan lainnya dari spooring dan balancing adalah agar keausan pada ban mobil merata, sehingga mobil bisa nyaman dikendarai dan mudah untuk dikendalikan dan menghindarkan dari efek limbung sehingga keamanan berkendara pun terjamin.