Pages

Thursday, May 16, 2013

Standard Kitchen Layout

Kitchen Sink
Standard Kitchen Layout - Apakah saat ini anda tengah berencana untuk memasang kitchen set di dapur ? , memasang kitchen set tidak bisa dilakukan secara asal - asalan ada beberapa hal yang harus anda ketahui agar nantinya kitchen set yang anda pasang tersebut tidak hanya nyaman digunakan akan tetapi juga bisa fungsional, efisien dan menyenangkan.

Kualitas kabinet, kitchen sink dan perangkat dapur lainnya memang penting akan tetapi tanpa memahami konsep penataan dan kitchen layout yang tepat maka pekerjaan didapur akan menjadi kurang optimal .

Ada 2 Konsep dalam menata ruangan di dapur yaitu Konsep Tradisional dan Konsep Modern, berikut penjelasannya:

1. Konsep Tradisional : Segitiga Kerja ( work triangle ) layout dapur idealnya menggambarkan relasi optimal antara Kitchen Sink ( bak cuci ) + tempat meracik, kompor dan kulkas. itulah sebabnya relasi optimal ini disebut segitiga kerja. Idenya kalau tiga hal ini berjarak terlalu jauh, pekerja dapur atau ibu rumah tangga harus bekerja lebih berat karena banyak langkah/ jalan yang tidak berguna. Sebaiknya bila terllau dekat, titik- titik kesibukan kerja dapur mungkin menjadi tumpang tindih.

2. Konsep modern: Multiple Working Centres konsep modern, memperkenalkan konsep Island layout, asumsinya kebanyakan orang, karena kesibukan kerja cennderung memilih makanan yang semi siap saja : bumbu jadi, makanan kalaeng, makanan siap goreng, atau rebus dan sebagainya. Dapur modern juga menambahkan satu fungsi dapur yaitu sebagai tempat saji, yaitu tempat untuk menata makanan panans yang selesai dimasak, sebelum disajikan ke meja makan, atau juga tempat untuk memasak kue. Dengan asumsi itu, para arsitektur rumah mengembangkan konsep islands layout. Pada layout ini counter top ( top table : granit, marmer, takon dsb ) diletakkan ditengah dan menciptakan ruang yang lebih banyak untuk meracik, menyiapkan makan dan sebagainya.

Dari 2 konsep penataan dapur diatas, kita bisa mengambil standard layout yang paling tepat untuk dapur, berikut ini adalah standard kitchen layout dengan berbagai bentuk yang berbeda yaitu bentuk garis atau “ I “ ( one wall ) , Island, Gallay dan peninsula.

Bentuk “I”. adalah bentuk yang paling tidak ideal. namun bila kondisi tidak memungkinkan, perhatikanlah urutan standard layout dapur berbentuk I, yaitu kulkas, kitchen sink, tempat meracik dan kompor.

bentuk “U “, adalah bentuk yang paling ideal karena bentuk ini mengkonsentrasikan area kerja dalam ruang yang kompak, dengan sedikit trafik. Sementara versi peninsula dan Island yang merupakan modifikasi bentuk U menambahkan aspek sosialibilitas, yang menghubungkjan dapur dengan ruang makan atau ruang keluarga.

Bentuk “L” adalah bentuk yang sederhana dan efisien . Khususnya bila ruang dapur tidak memungkinkan untuk berbentuk U Lay out Galley, dapat efisien bila gang atau jarak antar kabinet antara satu sampai 1,5 m. Kerugian dari bentuk ini adalah bila gang itu juga dipakai untuk lalulalang orang, yang dapat mengganggu kesibukan orang dapur.