Pages

Friday, May 3, 2013

Penyebab Mesin Mobil Brebet

Penyebab Mesin Mobil Brebet
Penyebab Mesin Mobil Brebet
Secara garis besar jika mesin Mobil Brebet, ini merupakan indikasi adanya permasalahan yang berhubungan dengan pengapian dan bahan bakar. Untuk pengapian, komponennya terdiri atas busi, kabel busi dan koil. Sedangkan untuk bahan bakar komponennya meliputi fuel rail, fuel pressure, filter, pompa, injector/ karburator. Jika komponen tersebut terkena masalah maka mobil bisa brebet.

Gejala brebet pada Mobil biasanya terjadi pada semua tingkat kecepatan, hal ini dikarenakan pasokan bahan bakar yang dikirim dari sumbernya tidak bisa sampai ke tujuan dengan sempurna. Sebagai contoh ketika terjadi perpindahan gigi mesin terasa brebet. Kondisi pengapian yang sudah tidak lagi bagus tidak mampu untuk membakar jumlah bahan bakar yang masuk. Sehingga Akibatnya justru bahan bakar menjadi over supply.

Cara paling mudah untuk mengetahu apakah ada masalah kebocoran pengapian, kita bisa mengetesnya pada malam hari. Cobalah untuk menyalakan mesin dan pantau sekitar perangkat pengapian jika ada kebocoran pada pengapian maka akan bisa dengan mudah terlihat.

Sedangkan untuk mengetahui apakah ada masalah dengan sistem bahan bakarnya, bisa di ketahui dengan mudah dengan cara injak secara tiba – tiba pedal gas sampai full hingga menyentuh dek. Jika mesin mobil terasa brebet, sebaiknya segera periksa komponen – komponen yang terdapat pada bahan bakar.

Hal ini bisa kita analogikan dengan mudah dengan apa yang terjadi pada kran air. Kran air diibaratkan sebagai fuel pump/ koil, kemudian selang air diibaratkan sebagai kabel busi, dan penyemprotnya sebagai busi atau injector. Apabila kran air dibuka penuh akan tetapi selang airnya bocor, maka jumlah air yang keluar melalui penyemprot tidak akan maksimal.

Perawatan mobil di Bengkel Mobil secara berkala sesuai dengan yang direkomendasikan dalam buku petunjuk pemakaian mobil sangat penting, karena melalui servis rutin itulah akan mencegah terjadinya masalah pada tenaga mobil/ brebet.