Pages

Thursday, May 30, 2013

Heri Dono - Kakang Kawah Adik Ari Ari

Heri Dono - Kakang Kawah Adik Ari Ari - Heri Dono seorang seniman kontemporer Indonesia, yang karyanya sudah tidak asing lagi di kalangan para kolektor seni, baru – baru ini bergabung dengan edwin’s Gallery ( Indonesian Contemporary Art Gallery ) memamerkan karya seninya di Hong Kong dalam event Art Basel 2013.

Heri Dono
Heri Dono - Kakang Kawah Adik Ari Ari
Heri Dono sering disebut juga sebagai seniman borongan karena kemampuannya yang luar biasa dalam mengolah seni rupa, tidak hanya lukisan saja namun juga seni rupa lain seperti kinetic art.

Dalam Event Art Basel tahun ini, Heri Dono lebih banyak menampilkan lukisan cat minyaknya. Salah satu lukisannya yang cukup menyedot perhatian saya adalah lukisan yang diberi judul Kakang Kawah Adik Ari – Ari.

Judul lukisan ini mengandung filosofi yang sangat mendalam bagi orang Jawa, kakang yang berarti kakak atau saudara tua, adi yang berarti adik atau saudara yang lebih muda. Dalam cakupan kalimat ini adalah merupakan proses kelahiran seorang bayi di muka bumi ini. Proses normal seorang ibu pada proses persalinan adalah yang pertama air ketuban (banyu kawah) yang kedua jabang bayi dan yang ketiga adalah ari-ari ( Plasenta ).

Siapa mereka dan apa hubungannya dengan kehidupan manusia ? Kakang Kawah (air ketuban) dan Adi Ari-ari (plasenta)merupakan wujud nyata dari “tentara Tuhan” yang menjaga dan mensuplai kebutuhan kita sewaktu masih berupa janin dalam kandungan. Peran dua makhluk ini sangat besar bagi kehidupan janin, Para Leluhur Jawa percaya bahwa ‘roh’ mereka tetap mengikuti manusia setelah kelahirannya untuk tetap menjadi pendamping yang setia. Roh mereka tetap menjadi ‘tentara-Nya’ yang mendampingi manusia dalam kehidupan.

Makna yang bisa saya petik dari lukisan Heri Dono yang berjudul Kakang Kawah Adik Ari – Ari ini adalah bahwa Ada penyertaan Tuhan dalam proses kehidupan kita, dimana manusia lahir di dunia ini tidak sendirian. Dengan mengingat mereka akan menjadi sarana kita mengingat kebaikan Tuhan. Bagaimana menurut anda? apa yang anda lihat dari lukisan Heri Dono? :)