Pages

Friday, May 24, 2013

Ban Bisa Bikin Boros BBM

Ban Bisa Bikin Boros BBM… Lho Kok Bisa? Yups ban bisa menjadi salah satu faktor yang bisa bikin BBM boros. Hal ini diakibatkan karena adanya energi dari mesin yang terbuang untuk melawan hambatan gelinding ban ( rolling resistance ) pada saat digunakan, pemilihan ban yang tepat pada mobil sangat diperlukan. Hisao Ushikubo, Senior Fellow Bridgestone Corporation menjelaskan tentang faktor yang bisa mempengaruhi terjadinya hambatan gelinding pada ban :

Ban Ecopia EP150
Ban Ecopia EP150
Faktor yang pertama adalah Deformasi. Berdasarkan penelitian 90 % hambatan gelinding ban biasanya diakibatkan karena ban mengalami perubahan bentuk akibat pergesekan ban dengan permukaan jalan yang dilalui. Ban Ecopia EP150 yang merupakan besutan terbaru dari Bridgestone bisa menjadi pilihan tepat untuk mengatasi Deformasi karena dibekali dengan tekhnologi kompon Nano Pro-Tech.

Faktor yang kedua adalah akibat kurangnya tekanan angin pada ban, sehingga permukaan ban yang bersentuhan dengan jalan lebih besar, sehingga hambatan gelinding juga bertambah yang menyebabkan bentuk ban berubah. Untuk mencegah hal ini, maka tekanan angin pada ban harus diperhatikan disesuaikan dengan rekomendasi standar dari pabrik mobil.

Faktor yang ketiga adalah penggunaan ban bertapak lebar, walaupun untuk stabilitas ban dengan tapak lebar sangat baik akan tetapi semakin lebar tapak ban maka bertambah pula gesekan yang dihasilkan sehingga menyebabkan konsumsi BBM menjadi lebih boros.

Pemilihan ban yang tepat dan perawatan ban secara berkala dengan servis balancing di bengkel mobil spesialis spooring dan balancing akan membantu untuk mengurangi efek yang bisa menyebabkan borosnya konsumsi BBM.