Pages

Monday, May 6, 2013

Manfaat QR Code Bagi Bisnis

Manfaat QR Code
Manfaat QR Code Bagi Bisnis
Apa itu QR code ? Mungkin anda sering melihat gambar kode berbentuk kumpulan kotak-kotak kecil dan besar tidak beraturan, seperti pada gambar di samping. Gambar itulah yang dinamakan dengan QR code. QR Code atau Quick Response Code sebenarnya sudah lama ada di Indonesia, akan tetapi banyak yang belum mengetahui, bahwa QR code bisa dimanfaatkan untuk menjalankan strategi marketing untuk menyebarkan informasi secara cepat dan berpotensi mendapatkan response yang cepat dari calon konsumen.

QR code memadukan strategi pemasaran tradisional dan digital marketing, Seperti yang dilakukan salah satu toko fashion di pusat perbelanjaan di daerah Jakarta Pusat. Daripada direpotkan dengan memajang banyak promosi dan diskon yang belum tentu diperhatikan orang karena biasanya hanya sekedar lewat tanpa memperhatikan isi poster. Maka mereka lebih memilih untuk memasang QR Code di dekat pintu masuk toko.

Bagi konsumen, keberadaan QR code juga akan menghindarkan dari tindak kecurangan produsen yang seringkali memajang promosi menggiurkan dalam ukuran yang besar akan tetapi ternyata terdapat term and condition dibawah iklan tadi yang sengaja di tulis dalam ukuran kecil yang mengecoh pandangan mata sehingga tidak terbaca, yang membuat pelanggan merasa dirugikan. Akan tetapi hal ini tidak akan terjadi bila menggunakan QR Code, karena pelanggan dapat dengan santai membaca detail promosi, memperhatikan setiap syarat dan ketentuan yang ada.

Lalu informasi apa yang disimpan di dalam QR Code? Informasi yang ditampilkan di QR Code umumnya berupa link download atau alamat situs tertentu. Mereka menyimpan link download atau alamat situs tertentu ke dalam QR Code agar pengguna yang memiliki ponsel yang dilengkapi fitur QR Code bisa langsung mengakses alamat situs yang tersimpan dalam QR code tanpa harus mengetik manual, pemilik ponsel berfitur QR Code hanya perlu mengarahkan ponselnya ke layar monitor untuk memindai QR Code, kemudian dalam hitungan detik alamat situs yang disimpan dalam QR Code di layar monitor akan tampil di ponsel. Selain berpotensi untuk meningkatkan trafik website perusahaan, calon pelanggan yang tertarik akan segera melakukan pembelian.

Tentu ini sangat baik untuk masa depan perusahaan, terutama dengan semakin maraknya penggunaan smart phone, dan semakin meningkatnya jumlah pengguna internet di Indonesia yang pada tahun 2012 lalu tercatat telah mencapai 63 juta.