Pages

Tuesday, March 11, 2014

Jenis – Jenis Chord Piano

Jenis – Jenis Chord Piano - Agar bisa menampilkan iringan musik yang indah seorang pianis harus belajar memainkan chord lagu, bagi para pemula baik yang mengikuti kursus piano di sekolah musik tentu sudah dikenalkan dengan beragam jenis chord piano sebagai bagian dari materi pelajaran, akan tetapi bagi Anda yang saat ini tengah belajar piano secara otodidak tentu pengetahuan akan jenis – jenis chord Piano sangat penting untuk meningkatkan teknik permainan.

Apa yang dimaksud dengan Chord ? chord adalah satuan nada yang dibunyikan secara serentak dalam suatu permainan musik yang berfungsi untuk mengiringi lagu serta untuk improvisasi musik. Chord berjumlah ribuan, mulai dari chord dasar, yaitu C- E - F – G –A – B hingga chord musik yang dominan seperti CM7, C7-9-Dm7-9, DM11-5+9, akan tetapi chord musik dominan sangat jarang untuk dipergunakan sebagai pengiring lagu.

Chord piano terdiri atas beberapa jenis yaitu chord mayor, chord minor, chord dominan augmented, chord dominan septim, chord minor6, chord mayor 7serta masih banyak lagi jenis chord piano lainnya . tidak semua chord dimainkan dalam satu iringan musik, pada umumnya chord dasar akan lebih banyak digunakan jika dibandingkan dengan chord dominan. Chord dominan sebenarnya juga bisa terdengar indah asalkan sang pemain musik mampu menggabungkan dan memadukan dari satu chord ke chord yang lain.

Untuk menghasilkan suatu iringan musik yang indah perlu dilakukan penggabungan chord , bagi para pemain musik penggabungan chord ini bisa menjadi suatu bentuk eksperimen yang menarik agar bisa menghasilkan iringan lagu sesuai dengan yang diharapkan.