Pages

Tuesday, October 1, 2013

Informasi Lifestyle Hari Batik Nasional

Informasi Lifestyle Hari Batik Nasional – Hari ini tanggal 2 Oktober 2013 merupakan hari Batik nasional, jika anda menengok ke kanan atau ke kiri anda pasti terlihat banyak yang mengenakan baju batik. Tahun ini merupakan tahun ke-4 diperingatinya hari batik nasional.

Seluruh instansi pemerintahan , BUMN dan swasta pun dihimbau untuk mengenakan baju batik pada hari ini. Mengenakan batik bukan hanya sekedar lifestyle semata akan tetapi ada nilai kebanggaan akan warisan budaya Indonesia. Jika menilik kebelakang betapa batik dulu pernah diklaim oleh Malaysia sebagai miliknya.

Tentu ini sangat menyinggung perasaan masyarakat Indonesia terutama masyarakat Jawa yang kehidupannya sudah sangat lekat dengan batik. Batik merupakan pakaian yang akrab digunakan sebagai pakaian untuk menghadiri acara – acara resmi seperti resepsi pernikahan.

Batik akhirnya ditetapkan oleh UNESCO sebagai warisan kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity). UNESCO mengakui bahwa batik merupakan milik Indonesia. Batik di forum dunia kini identik dengan citra Indonesia. Jadi sudahkah anda berbatik ria hari ini? Bangga mengenakan batik tentu juga bangga dengan warisan budaya Indonesia.