Pages

Thursday, April 25, 2013

Asuransi Kesehatan Mengganti Biaya Cuci Darah


Gagal ginjal kronis seringkali tidak bisa dideteksi sejak dini. Gagal ginjal seringkali muncul tanpa ada gejala awal. Terkadang seorang penderita menyadari ketika sudah berada dalam kondisi yang parah. Kalau sudah begini tujuan dari cuci darah adalah untuk memperpanjang harapan usia hidup pasien, bukan untuk mengobati.

Hemodialisa atau cuci darah adalah suatu tindakan medis yang menggunakan mesin cuci darah ( seperti ginjal buatan ) serta cairan kimia untuk mengantikan fungsi ginjal dalam menyaring bahan beracun yang berasal dari sisa olahan ( metabolisme tubuh ) . jika kedua ginjal rusak dan tidak berfungsi dengan baik karena berbagai sebab, maka organ tubuh lainnya dapat menjadi keracunan dan menjadi rusak, sehingga mengakibatkan kematian.

Beruntunglah jika pasien sebelum di vonis dokter menderita gagal ginjal telah memiliki Asuransi Kesehatan, dengan memiliki asuransi kesehatan maka biaya perawatan dan cuci darah akan ditanggung oleh pihak asuransi. Akan tetapi lain halnya jika seseorang yang sudah divonis menderita gagal ginjal dan sudah melakukan proses cuci darah baru memutuskan untuk menjadi nasabah Asuransi Kesehatan, maka keputusan tersebut bisa dikatakan sudah terlambat, karena aplikasinya kemungkinan besar akan ditolak.

Biaya untuk sekali cuci darah bisa mencapai ratusan ribu, dan tindakan medis ini harus dilakukan seumur hidup secara rutin bisa tiap seminggu sekali atau tiap tiga hari sekali tergantung dari seberapa parah kondisi pasien. Yang menderita disini bukan hanya pasien akan tetapi juga keluarga yang harus menanggung biaya kesehatan.

Oleh karena itulah para financial planner tak hentinya berusaha memberikan kesadaran berasuransi kepada masyarakat, mengenai arti pentingnya memiliki asuransi kesehatan untuk melindungi diri sendiri dan keluarga untuk mencegah hal – hal yang tidak diinginkan. Mengingat beberapa penyakit kronis seperti gagal ginjal seringkali tidak menunjukkan gejala awal.

Salah satu perusahaan Asuransi Indonesia; Commonwealth life menyediakan program asuransi kesehatan cashless – Comm Health,  program asuransi ini akan menjamin pelayanan kesehatan sejak 30 hari sebelum rawat inap, pelayanan kesehatan selama rawat inap dan pelayanan kesehatan 30 hari setelah rawat inap. Pelayanan Asuransi kesehatan setelah rawat inap mencakup penggantian biaya kemoterapi, radioterapi dan penggantian biaya cuci darah.