Pages

Monday, April 29, 2013

Sand Animation Modern Seni Yang Mendunia

Berbicara tentang seni kontemporer, Indonesian contemporary art gallery merupakan wadah penggebrak seni kontemporer Indonesia, menampung karya para seniman kawakan dengan karya-karya yang menakjubkan terlebih menonjolkan beberapa seni kinetik, yang merupakan seni yang belum cukup populer bagi masyarakat.

Terlepas dari itu, seni-seni baru pun lahir dan bermunculan di negara kita, sebut saja melukis di atas pasir, seni ini merupakan seni baru yang cukup menarik minat masyarakat untuk mengetahuinya, seni yang baru lahir di Indonesia ini mencapai popularitas yang cukup tinggi di mata masyarakat.

Digawangi oleh Denny Darko yang selama ini kita kenal sebagai pesulap, beliau mengepakkan sayapnya ke ranah seni, bentuk seni rupa dengan pengaplikasiaan dan media yang berbeda dari seni-seni lain merupakan inovasi kreatif, seni ini dinamakan Sand Animation Modern, seni ini ditemukan tahun 1994 oleh Ferenc Cako. Karya-karya melukis dengan pasir ini memiliki karakter yang membuat penonton atau penikmat seni yang melihatnya merasakan luapan banyak rasa pada saat sand animator menumpahkan pasir dan menghias dengan jari-jarinya.

Fenomena ini tentunya bisa membawa trend kekinian yang diharapkan bisa membawa nama Indonesia ke ranah dunia internasional, apalagi perkembangan teknologi dan bakat-bakat anak bangsa yang menjanjikan sangat berpotensi membangkitkan kembali ranah seni Indonesia.