Pages

Friday, April 12, 2013

Asuransi Tradisional Vs Unit link Indonesia

AsuransiAda banyak produk asuransi yang ditawarkan oleh perusahaan Asuransi Indonesia, akan tetapi yang saat ini paling banyak diperbincangkan adalah Asuransi Unit Link. Unit link dianggap lebih menguntungkan jika dibandingkan dengan membeli polis asuransi jiwa saja (yang selanjutnya disebut dengan asuransi tradisional ), apa yang membedakan kedua jenis produk asuransi ini?

Asuransi unit link adalah program dimana nasabah membeli produk Asuransi GRATIS Investasi. Dua manfaat ini bisa langsung dirasakan sekaligus yaitu perlindungan Jiwa dan Investasi dalam bentuk nilai tunai. Manfaat investasi inilah yang tidak diperoleh jika membeli polis asuransi tradisional

Selain itu Asuransi Jiwa tradisional dianggap bersifat mengikat para nasabah, contohnya Jika perjanjian berasuransi selama 20 Tahun maka nasabah diwajibkan untuk menyetor uang premi selama 20 Tahun, jika nasabah tidak menyetor sesuai dengan jangka waktu yang telah ditentukan maka uang tunai yang dijanjikan sebelumnya, maka klaim asuransi tidak dapat dicairkan.

Keunggulan dari produk Asuransi Unit Link ini ialah nilai tunai dari hasil investasi. Dalam nilai tunai ada beberapa hal yang harus dipahami oleh calon nasabah yaitu harga unit, jumlah unit, dana investasi yang dipilih dan total nilai tunai yang merupakan wujud dari keuntungan investasi.

Perkembangan nilai tunai yang terus meningkat dari bulan ke bulan dan dari tahun ke tahun dapat dijadikan cadangan dalam membuat program pensiun, dana pendidikan anak dan jaminan hari tua. Nilai tunai merupakan dana kas masuk yang reguler diterima oleh nasabah dan dapat diambil sewaktu – waktu, tidak sesulit program asuransi tradisional dalam proses pengambilan dananya.