Pages

Thursday, April 25, 2013

Asuransi Bagian Penting Perencanaan Financial Keluarga

Asuransi Bagian Penting Perencanaan Financial Keluarga - Pada saat anda mulai membangun keluarga baru, tekanan terbesar yang dialami adalah mengelola financial keluarga. Mulai dari membeli rumah, kendaraan, biaya untuk kebutuhan anak yang tidak sedikit. Belum lagi jika ada pandangan dari oranglain yang hanya dapat melihat kemapanan financial dari luar yang secara tidak langsung “memaksa” anda untuk membantu orang – orang disekitar anda yang mengalami kesulitan finansial. Ditambah lagi masih adanya keinginan pribadi untuk pengeluaran “sosial” saat berkumpul dengan komunitas. Hal – hal tersebut bisa membuat stress dalam mengelola keuangan bagi keluarga anda.

Perencanaan Financial penting untuk membangun keamanan keuangan ( financial security ), hal tersebut dapat dilakukan dengan mengkombinasikan Asuransi, tabungan dan investasi yang terakumulasi secara berkala. Apabila perencanaan ini dilakukan sedini mungkin dan dilakukan dengan disiplin maka hasilnya akan lebih baik, jangan khawatir dengan sedikitnya dana yang anda miliki, mulailah semampu anda, sekecil apapun dana tersebut akan sangat bermanfaat untuk melindungi kebutuhan dasar keluarga anda di masa depan. Karena ketika bisnis dan karir meningkat maka secara otomatis keuangan dan keamanan financial pun meningkat.

Ada berbagai macam produk asuransi akan tetapi bagi keluarga muda yang tengah membangun perencanaan keuangan untuk masa depan sebaiknya Asuransi Jiwa menjadi prioritas utama sebelum berinvestasi. Sebab hanya dua hal yang dibutuhkan untuk merealisasikan rencana keuangan, yaitu anda dan waktu. Tanpa keduanya, mustahil tujuan finansial terealisasi.

Ketika anda mengalami musibah, investasi atau bisnis yang anda miliki mungkin belum memberikan kepastian finansial bagi keluarga anda, tidak ada waktu untuk menunggu hasil investasi atau keuntungan bisnis agar dapat membayar biaya berobat. Ketika anda telah sembuh dari sakit, mungkin ada biaya lain yang harus dikeluarkan untuk bisnis anda yaitu membereskan urusan keuangan perusahaan yang mungkin amburadul karena anda tidak terlibat dalam waktu yang lama. Atau, jika anda meninggal dunia maka istri anda harus meneruskan bisnis tersebut. Dibutuhkan waktu dan biaya baginya untuk belajar menguasai seluk beluk bisnis seperti yang telah anda kuasai.

Selain asuransi jiwa, pentingnya proteksi terhadap kemungkinan cacat total dan tetap tidak terkecuali. Bagi seorang yang masih muda, rasio resiko untuk mengalami cacat total jauh lebih tinggi dibandingkan meninggal dunia. Perlindungan yang lebih dikenal dengan istilah disability insurance ini akan menggantikan sebagian atau seluruh income anda jika tidak lagi mampu bekerja dikarenakan mengalami musibah cacat, baik sementara atau permanen. Tidak dapat dibayangkan ketika kita masih hidup namun tidak lagi mampu memberikan dukungan finansial kepada diri sendiri dan keluarga tercinta seperti ketika kita dalam keadaan “sempurna”.

Menyadari pentingnya asuransi jiwa dan perlindungan cacat total dan tetap ini, beberapa perusahaan besar dan kecil memberikan perlidungan bagi karyawannya melalui program asuransi kumpulan, atau group insurance. Jika anda telah terproteksi melalui asuransi kumpulan, menambah proteksi melalui produk asuransi individu merupakan pilihan yang perlu dipertimbangkan. Karena tidak seperti asuransi kumpulan, asuransi individu terus melekat dan memproteksi anda sekalipun anda tidak lagi bekerja di perusahaan tersebut.

Disinilah fungsi asuransi jiwa tidak tergantikan oleh instrumen finansial apapun. Karena ia langsung memberikan hasil pada saat yang dibutuhkan.