Pages

Friday, April 5, 2013

Contemporary Art Pilihan Tepat Berinvestasi

Contemporary Art
Contemporary Art Pilihan Tepat Berinvestasi – Pernahkah terpikir oleh anda kalau lukisan kontemporer yang anda pajang diruang tamu bisa terjual hingga ratusan juta rupiah? Padahal sewaktu anda membeli di Indonesian contemporary art gallery tidak begitu mahal karena dibuat oleh seniman kontemporer muda Indonesia yang belum populer.

Lukisan berharga tinggi saat ini tidak harus merupakan hasil karya dari seniman klasik ternama seperti Affandi, Raden Saleh, ataupun Basuki Abdullah, karena ternyata karya dari seniman kontemporer pun bisa terjual jauh melebihi estimasi harga. Sebagai contoh adalah karya dari seniman I Nyoman Masriadi yang mengambil judul “ sudah biasa ditelanjangi” pada tahun 2007 terjual pada harga Rp. 5 milliar, contoh lain adalah lukisan milik Putu Sutawijaya yang berjudul “looking for wings” yang diestimasi harga awalnya Rp. 40 juta ternyata terjual di harga Rp. 600 juta.

Pada saat ini pasar seni rupa memang tengah bergairah, baik itu di tingkat nasional maupun internasional, pada tahun 2010 – 2011 salah satu lukisan milik affandi yang berjudul” ayam jago” bisa laku terjual di harga 4 miliar, dan ditingkat internasional lukisan milik Edward munch yang berjudul “ The scream” bisa laku terjual di harga Rp. 1.1 triliun yang sekaligus mengukuhkan sebagai lukisan termahal didunia.

Trend diatas menunjukkan bahwa investasi tidak harus melulu melalui instrumen finansial seperti saham, reksadana, atau obligasi. Akan tetapi bisa juga dengan melalui instrumen non finansial seperti lukisan Indonesian contemporary art.