Pages

Monday, April 14, 2014

Tingkatkan Daya Ingat Verbal Dengan Musik

Musik ternyata memiliki banyak manfaat, tidak hanya sekedar untuk menyalurkan hobby, ada manfaat lain yaitu mampu meningkatkan daya ingat verbal. Dengan belajar musik bisa membantu untuk memperbaiki kemampuan dalam mengingat kata dalam jangka panjang, seperti diungkapkan oleh Agnes Chan, seorang peneliti dari The Chinese University of Hong Kong.

”Kami merekomendasikan hal itu karena setelah ada penelitian, beberapa orang yang banyak mendengarkan musik lebih kuat hafalannya dibandingkan orang yang tidak mendengarkan musik,” kata Chan


Meskipun belajar musik bukan sesuatu hal yang dianggap lazim untuk meningkatkan daya ingat seseorang, akan tetapi hasil peneilitian yang dilakukan oleh para pakar di Hong Kong menunjukkan bahwa seseorang yang telah mempelajari musik memiliki daya ingat yang jauh lebih baik jika dibandingkan dengan mereka yang tidak mempelajari musik. Kebiasaan bergulat dengan not dan tangga nada tampaknya dapat memperbesar wilayah otak yang disebut dengan planum temporale kiri, yang berkaitan dengan kemampuan mengingat kata.

Teori yang diungkapkan oleh Anges ini menyusul penilitan yang Ia lakukan terhadap beberapa orang mahasiswa yang pernah memperoleh pendidikan musik dan pada mahasiswa yang sama sekali tidak pernah belajar musik. Sebanyak 60 orang mahasiswa diteliti daya ingat verbalnya oleh Agnes. Separuh di antaranya pernah berlatih musik sedikitnya selama enam tahun sebelum menginjak usia 12 tahun. Para mahasiswa tersebut kemudian dibagi menjadi dua kelompok, setelah itu mereka diminta untuk membaca sebuah daftar yang terdiri atas 16 kata sebanyak tiga kali, dan memerintahkan kepada mereka untuk mengulangi kata yang dapat mereka ingat.

”Kami menemukan bahwa orang dewasa yang pernah mendapatkan pendidikan musik dapat menyebut lebih banyak kata daripada mereka yang tidak pernah mendapatkan pendidikan musik,” ujar Chan

Dari hasil penelitian itu telah terbukti bahwa musik sangat bermanfaat bagi perkembangan daya ingat. Karena memang dalam kenyataan yang bisa kit alihat sehari – hari lebih mudah melibatkan anak- anak didalam pelajaran musik daripada strategi mengasah ingatan lainnya. Pelajaran musik juga sangat berguna bagi mereka yang memiliki kelemahan dalam bidang bahasa. Penelitian tersebut mendukung kajian sebelumnya yang menghubungkan pelatihan musik dengan pembesaran cerebellum, yang membentuk bagian terbesar otak.

Jadi bagi Anda para orangtua yang telah menyekolahkan anak Anda ke Sekolah Musik, hal tersebut merupakan pilihan yang sangat tepat karena dari penelitian yang telah dilakukan oleh Agnes Chan terbukti bahwa ternyata musik memang memiliki pengaruh terhadap daya ingat seseorang. Tentu dengan meningkatnya kemampuan seorang anak dalam mengingat sesuatu akan membantu anak di sekolah di mata pelajaran yang membutuhkan hafalan seperti pelajaran Sejarah.