Pages

Monday, April 14, 2014

Tujuh Macam Teknik Suara Scream

Olah vocal seorang vocalist dalam sebuah group band menjadi ciri khas tersendiri bagi band tersebut, sehingga seringkali sulit untuk memisahkan nama seorang vocalist dengan group band dimana ia pernah bernaung, sebut saja seperti Ari Lasso dengan Dewa 19, Kikan dengan Coklat, Sammy Simorangkir dengan Kerispatih dan masih banyak lagi. Kekhasan suara dan kemampuan olah vokal seorang vocalist memegang peranan penting dalam sebuah band.

Kekhasan suara seorang vokalis biasanya diperoleh secara alami, akan tetapi dengan didukung teknik vokal yang baik dan benar dengan mengikuti kursus vokal di sekolah musik hasilnya akan menjadi luar biasa, karena bakat yang cemerlang jika tidak pernah diasah akhirnya akan redup juga.

Di dalam teknik vocal dikenal dengan teknik suara scream yang biasanya dinyanyikan oleh band – band beraliran metal, hard core dan sub genre dari kedua genre musik tersebut. Band – band tersebut antara lain seperti Metalica, Guns N Roses, Iron Maiden. Nyanyian yang mirip seperti teriakan yang dilakukan oleh para vocalist tersebut tidak hanya sekedar berteriak akan tetapi ada tekniknya tersendiri dimana tidak semua orang mampu melakukannya. Berikut ini adalah tujuh teknik suara scream :

1. Teknik Scream. Scream adalah mengeluarkan suara dengan keras, sama halnya dengan berteriak. Akan tetapi, teknik Scream memiliki nafas yang lebih berat. Jadi tidak hanya asal mengeluarkan suara.
2. Teknik Growl. Growl berarti Geraman, dikenal juga dengan nama “Scream Rendah”. Perbedaannya adalah Jika pada teknik scream mengeluarkan suara dengan keras dan terbuka, pada teknik growl juga mengeluarkan suara dengan keras akan tetapi mulut harus berbentuk huruf “ O “ disetiap kata yang diucapkan.
3. Teknik Grunt. Grunt dalam bahasa Inggris berarti dengkuran. Teknik Grunt sangat bertolak belakang dengan Teknik Scream dan growl. Jika teknik Scream Mengeluarkan suara, maka Teknik Grunt adalah menghisap suara dari luar menuju ke kerongkongan dalam. Teknik ini paling mudah dipelajari diantara 7 macam teknik Scream lainnya.
4. Teknik Piq Squeals. Teknik ini hampir sama dengan Teknik Grunt, hanya ada perbedaan sedikit dimana teknik ini terdengar lebih mendengkur dan juga lebih melengking dari Teknik Grunt.
5. Teknik Fry. Teknik ini sebenarnya muncul dari Karakter sang vokalis itu sendiri. Jadi setiap orang hasilnya bisa berbeda-beda sesuai dengan karakter suaranya. Teknik Fry sama halnya dengan scream, yaitu mengeluarkan suara dari kerongkongan.
6. Teknik False. Teknik ini cukup sulit karena dalam pengeluaran suara terjadi distorsi ditenggorokan yang menghasilkan suara scream yang tinggi namun ber-distorsi.
7. Teknik Death. Teknik ini merupakan salah satu bentuk scream dengan suara yang tinggi, mirip seperti suara falsetto yang sangat melengking. Akan tetapi yang lebih mempengaruhi Teknik ini adalah Karakter suara vokalis itu sendiri.