Pages

Monday, April 14, 2014

Belajar Teknik Gitar Blues

Bagi siapapun yang hendak belajar gitar blues pertama- tama yang perlu dilakukan adalah belajar untuk menguasai teknik dasar permainan gitar yang umum, baru selanjutnya belajar teknik gitar yang lebih spesifik. Pengetahuan dasar ini, umum diberikan di sekolah – sekolah musik sebagai materi dasar pelajaran. Dengan memiliki dasar pengetahuan yang kuat selanjutnya akan lebih mudah untuk mempelajari hal lainnya termasuk teknik penguasaan berbagai jenis gaya permainan gitar.

Beberapa teknik dasar yang perlu Anda kuasai terlebih dahulu diantaranya adalah tentang bagaimana postur tubuh yang benar dan posisi tangan, bagaimana berganti tangan kiri dan tangan kanan, bagaimana untuk melakukan string dan tune gitar dengan menggunakan tuning standar (EADGBE), cara memegang gitar yang benar, memetik, dan memainkan gitar dengan pola strumming sederhana, bagaimana cara membentuk akord gitar sederhana, bagaimana cara bermain not individu dan lagu yang mudah dan bagaimana membaca tab gitar. Setelah Anda dapat menguasai semua teknik dasar tersebut, Anda dapat mulai belajar bermain teknik gitar blues. Diantaranya adalah teknik Rhytm Blues dan Blues Scale.

Rhythm Blues
Seperti halnya dengan jenis musik gitar lainnya, sebaiknya dimulai dengan belajar teknik rhytm, baru kemudian dilanjutkan dengan belajar teknik blues scale. Bermain rhytm / ritme blues mencakup penguasaan akord dan pola ritmik yang paling khas dari musik blues. Ke-12 bar blues merupakan pola yang paling umum dipergunakan, sehingga menjadi prioritas pertama untuk dipelajari. Blues bar 12 hanya terdiri dari tiga baris, dimana masing-masing terdiri atas empat bar. Akord I, IV dan V (dan variasi mereka seperti sevenths) . Contoh 12 bar blues di kunci E adalah sebagai berikut:

E / E / E / E / A / A7 / E / E / B7 / A7 / E / E /

Blues 12 bar bisa dimainkan dalam kunci nada apapun, namun yang paling populer adalah kunci A dan E. Cara paling mudah memulai latihan teknik ini adalah dengan berlatih urutan menggunakan satu akord memetik, dan kemudian menggabungkan irama yang merupakan karakteristik dari lagu-lagu blues, seperti pola shuffle dan ritme blues yang lambat.

Bermain Blues Scale
Setelah Anda menguasai permainan ritme blues, sudah saatnya bagi Anda untuk belajar blues scale atau mode yang dibutuhkan agar berhasil membangun karakter dan style blues yang diinginkan. Biasanya yang banyak dibutuhkan dalam hal ini adala pentatonik scale atau blue note. Mengapa? Karena mempunyai susunan notasi yang termudah dan terpopuler maka scale tersebut pasti dan paling banyak digunakan oleh para gitaris dunia baik yang masih pemula maupun yang sudah mahir sekalipun, berikut ini adalah susunan notasi pentatonik scale legendaris tersebut 6-1-2-3-5-6.