Pages

Monday, April 14, 2014

10 lagu Jazz Terbaik Sepanjang Massa

Kita semua tahu bahwa penikmat Jazz kebanyak adalah kaum dewasa. Ini terjadi karena Jazz dianggap terlalu rumit, sulit dipelajari apalagi dinikmati. Anggapan negatif inilah yang kemudian menjadi sebab rendahnya tingkat kelahiran musisi Jazz. Namun itu hanya terjadi di Indonesia, di negara lain musik ini begitu dicintai dan mengalami pertumbuhan pesat. Salah satunya karena Jazz memiliki sosok idola yang memiliki track record bagus.

Jika para pentolan metal lebih terkesan serba hitam, maka Jazz juga sama hitamnya namun bedanya musisi Jazz lebih banyak berbalut jas. Jika anggota band rock memakai celana jins robek dan kaus oblong, maka musisi jazz akan memadankannya dengan blazer yang memberi kesan sangat rapih. Jazz seakan menjadi simbol tata krama abad pertengahan. Penuh estetika dan memiliki batas.

Kolaborasi maupun eksplorasi yang mereka lakukan, sering dibilang cerdas. Karena mereka mampu mengkombinasikan beragam alat musik, baik tradisional maupun moderen. Uniknya, meski dicampur dengan segala sesuatu yang berbau tradisional, apa yang mereka tampilkan selalu bagus. Tak jarang mereka juga beli keyboard dan memasukkan unsur intrumen musik tersebut kedalam lagu.

Padahal keyboard bukanlah salah satun intrumen sentral dalam musik jazz. Lalu 10 lagu apa saja yang kemudian dianggap memiliki keunikan dan kedalaman tema? Berikut daftar 10 lagu jazz terbaik sepanjang massa.

1.Kind of Blue-Miles Davis
2.A Love Supreme-John Coltrane
3.Mingus Ah Um-Charles Mingus
4.Briliant Corners-Thellonious Monk
5.Time Out-Dave Brubeck
6.The Blues & The Abstract Truth-Oliver Nelson
7.The Incredible Jazz Guitar-Wes Montgomery
8.Song For My Father-Horace Silver
9.Out To Lunch-Eric Dolphy
10.The Shape Of Jazz To Come-Ornette Coleman.