Pages

Tuesday, April 29, 2014

Perkembangan Musik Jazz Di Indonesia

Apakah Anda penyuka musik jazz ? atau mungkin tengah mempelajari alat musik tertentu  dengan mengikuti kursus di sekolah musik dengan kiblat musik Jazz?  memang tidak bisa disangkal lagi bahwa musik Jazz di Indonesia mengalami perkembangan yang sangat pesat, hal ini bisa dilihat dengan banyaknya penyanyi muda Indonesia yang terjun ke genre musik jazz.

Jika Anda benar – benar seorang pecinta musik jazz, maka sudah selayaknya jika Anda mengetahui lebih jauh mengenai perkembangan musik jazz di Indonesia. Dari sejarahnya  musik Jazz pertama kali masuk ke Indonesia di bawa oleh para musisi asal Philipina pada tahun 1930.  Pada awalnya mereka hanya memperkenalkan beberapa peralatan musik jazz seperti terompet dan saxophone.

Baru pada tahun 1960-an para musisi Belanda hadir menambahkan genre musik Jazz asal Belanda ke Indonesia, sehingga semakin berwarnalah musik Jazz di Indoensia akibat pengaruh dari kedua negara tersebut. Pesatnya perkembangan musik jazz Indonesia diwarnai dengan digelarnya berbagai event musik jazz seperti Java Jazz Festival yang di meriahkan oleh berbagai musisi jazz international .

penyanyi – penyanyi baru tanah air pun mulai bermunculan dan menyita perhatian publik, seperti Andien, Citra Scholastika, Tompi, Glenn Fredly. Itulah para musisi jazz tanah air yang kebanyakan merupakan pendatang baru. Akan tetapi, selain mereka masih banyak daftar penyanyi jazz dan musisi Indonesia lainnya yang namanya cukup terkenal, seperti Indra Lesmana, Ireng Maulana, Bubi Chen, Dewa Bujana , Benny Likumahuwa, dan masih banyak lagi.