Pages

Monday, April 14, 2014

Orkestra Terburuk Di dunia

Adalah Portsmouth Sinfonia sebuah orchestra yang mendeklarasikan dirinya sebagai orchestra terburuk sepanjang masa. Mengapa buruk? Karena para anggotanya terdiri dari orang-orang yang tidak piawai bermain musik. Sang pemimpin Gavin Bryars memang sengaja hanya menerima calon musisi yang tidak banyak menguasai alat musik.

Jika ada salah satu anggotanya yang sudah berhasil menguasai satu jenis alat musik, maka Bryars akan menyuruh anggota tersebut untuk belajar alat musik lain. Orchestra yang dibentuk oleh para pelajar Portsmouth School of Arts Inggris pada 1970 ini, nyatanya mendapat perhatian tinggi di Eropa. Meski tanpa kualitas diatas rata-rata, orchestra ini tetap mendapat tawaran tampil yang cukup banyak.

Orchestra ini tidak membatasi siapa yang ingin bergabung. Baik dia seorang ahli musik maupun bukan boleh bergabung secara Cuma-Cuma. Biarpun terkesan tidak serius tapi nyatanya mereka sangat serius menelurkan album. Terutama saat seorang keyboardist band rock (ROXY) Brian Eno bergabung dengan orchestra ini. Eno memproduseri dua album garapan Portsmouth Sinfonia.

Album perrtama berjudul Portsmouth Sinfonia Plays The Populer, dirilis pada 1974, sedangkan album keduanya berjudul Hallelujah diproduksi selang beberapa bulan setelah album pertama diluncurkan. Sayang hingga kini tidak jelas apakah orchestra ini masih hidup atau sudah bubar. Sebab sejak pelemparan album kedua dipasaran, orchestra ini tidak terdengar lagi kiprahnya.

Jika anda memiiki rencana untuk membuat orchestra serupa boleh-boleh saja. Tapi ada baiknya anda menguasai segala jenis musik. Sebab andalah nantinya yang bertugas mengajarkan anggota anda. Beli keyboard sangat direkomendasikan sebagai langkah awal anda mengumpulan anggota yang ingin mempelajari keyboard.