Pages

Friday, April 11, 2014

Apartemen Menjadi Buruan Investor

Apartemen memiliki daya pikat tersendiri bagi para investor, dengan jaminan keuntungan investasi di masa depan membuat apartemen menjadi buruan. Seperti yang kita ketahui saat ini pembangunan apartemen marak di Jakarta, yang terbaru adalah Puri Orchard Apartemen di Jakarta Barat.

Pada saat ini properti jenis apartemen telah menjadi barang komoditas, dimana apartemen disimpan untuk kemudian dijadikan sebagai instrumen investasi. Terlebih, jika lokasinya bagus dan pasar sekundernya hidup seperti di jakarta barat , maka apartemen tersebut dapat disewakan kembali dengan harga tinggi. Para investor mengharapkan keuntungan dari modal yang telah mereka keluarkan. Keuntungan akan mereka peroleh pada saat apartemen yang dibeli mengalami kemajuan pembangunan. Semakin cepat kemajuan, maka akan semakin tinggi dan cepat pula keuntungan yang akan diperoleh.

"Para pengembang akan secara otomatis menyesuaikan (menaikkan) harga jual dengan kemajuan tahapan konstruksi. Kenaikan harga secara bertahap ini, jelas menjadi stimulan menarik buat investor. Apalagi jika gedung apartemen tersebut beroperasi, perubahan harga akan semakin melejit," Ujar Ferry, Associate Director Research Colliers International Indonesia .

Tak heran jika Apartemen menjadi buruan investor, dari 141.492 unit pasokan apartemen pada kuartal I 2014, sebanyak 94 persen ludes terjual. Sementara itu, untuk apartemen yang masih dalam tahap konstruksi dan dijadwalkan kelar pada 2017 mendatang, tingkat serapan pasarnya sudah mencapai 70 persen dari total 62.197 unit.

"Kondisi inilah yang memacu pasar apartemen dikuasai investor. Minat beli tinggi, proyek banyak, pertumbuhan harga juga melejit," tambah Ferry. Siapa investor tersebut? para investor tersebut adalah lingkaran dalam pengembang yang membangun apartemen terkait. Selain lingkaran dalam, mereka juga para pembeli berulang (repetition buyer). Mereka menyewakan kembali kepada ekspatriat atau profesional perusahaan lokal dan multinasional yang memiliki home ownership programs.

Apartemen sebagai instrumen investasi sebagian besar berada di kawasan selatan, pusat, dan barat daya Jakarta. Antara lain, apartemen yang berada di daerah Pakubuwono, Pondok Indah, Semanggi, Sudirman CBD, dan Puri Indah.