Pages

Monday, April 14, 2014

Ketidaksempurnaan Membawa Kesempurnaan

Musisi yang terkenal sudah tentu memilliki penampilan fisik yang oke, terutama dalam hal fashionnya. Mereka juga banyak dipuja karena memiliki kesempurnaan dalam bentuk fisik. Apapun kekurangan mereka, bisa ditutupi sedemikian rupa oleh make up. Sehingga membuat kita berpikir bahwa mereka tidak memiliki kelemahan sedikitpun.

Kondisi ini seringkali memaksa kita untuk beranggapan bahwa orang yang bisa sukses dalam bidang musik adalah sosok yang tidak memiliki kelemahan sedikitpun. Bahwa mereka diciptakan sempurna oleh tuhan dan tidak mungkin menjadi jelek walau apapun yang terjadi. Pemikiran tersebut ternyata salah besar. Karena faktanya ada banyak musisi besar yang lahir dalam kekurangan fisik.

Salah satu musisi tersebut adalah Stevie Wonder, yang sudah buta sejak lahir. Meski buta namun dia memiliki kemampuan bermusik yang tinggi. Buta juga tidak membuat Stevie menjadi lemah dan mengeluh. Sebaliknya dia justru bersemangat untuk membuktikan kepada public bahwa dia dapat hidup layaknya orang yang memiliki mata normal.

Musisi yang kedua adalah Andrea Bocelli yang juga lahir dengan gangguan penglihatan dan akhirnya menjadi buta diusia 12 tahun. Sama sepert Stevia, Bocelli juga tidak membiarkan kebutaan merusak mimpinya. Tanpa kenal lelah Bocelli terus berlatih hingga akhirnya menjadi seorang maestro musik klasik yang sangat dihormati didunia.

Pengalaman hidup Stevie dan Bocelli membuktikan bahwa keterbatasan bukanlah batasan untuk berkarya. Jika anda memiliki kerabat atau anak yang memiliki kekurangan dalam hal fisik, jangan batasi dia untuk berekspresi. Sebaliknya, cobalah untuk memberinya kebebasan memilih jenis musik yang dia suka. Untuk latihan awal coba beli keyboard dan lihat apakah dia suka dengan instrument ini.

Jika suka, ada kemungkinan dia bisa memainkannya sekalipun dengan berbagai kekurangan. Yang jelas dibutuhkan latihan khusus agar kekurangan tersebut bisa menjadi sebuah kelebihan. Yang penting jangan pernah patah semangat untuk belajar dan mencoba segala sesuatu yang baru.