Pages

Monday, April 14, 2014

Memperkenalkan Musik Kepada Anak-anak

Anda ingin menjadikan anak anda sebagai musisi? Anda ingin anak anda merengkuh kepopuleran sejak dini? Untuk mewujudkannya anda harus mengetahui dulu bakat bermusik putra putri anda. Jangan sampi salah menerka dan malah membuat anak anda membenci musik. Untuk langkah awal sebaiknya pilih metode bermain sambil belajar.

Buatlah berbagai permainan dengan menambahan unsur musik didalamnya. Bernyanyi misalnya. Ajaklah sikecil bernyanyi dan sesekali menggunakan alat musik seperti keyboard atau piano. Kemudian perlahan latihlah dia untuk memegang kedua instrumen tersebut. Ajarkan berbagai bunyi sambil terus bermain. Metode yang menyenangkan seperti ini, akan lebih mudah diingat sikecil. Jika perlu ajaklah teman-teman sikecil untuk belajar musik bersama.

Cara ini biasanya sangat efektif membuat anak anda terpacu. Jangan batasi kemampuan anak anda dalam bermusik. Apapun yang dia pilih dukunglah. Jika dia lebih suka keyboard, beli keyboard. Tapi jika dia lebih suka dengan piano belilah piano. Yang harus diingat, jangan memaksakan kehendak anda untuk sikecil. Karena bakat setiap orang berbeda. Mungkin anda seoramg pianis handal, namun belum tentu anak anda juga berbakat dibidang itu.

Siapa tahu dia lebih tereksplor jika belajar keyboard, gitar atau drum. Yang jelas untuk permulaan perkenalkan semua jenis alat musik terlebih dulu, biarkan dia memilih dan tuntunlah ia. Tapi anda juga harus menerima dengan lapang dada, ketika mengetahui sikecil tidak berbakat dalam bermusik. Mungkin dia lebih berkembang dibidang ilmu pengetahuan lain. Jadi sebaiknya kenalilah bakat anak anda terlebih dulu.