Pages

Monday, January 20, 2014

Belajar Musik Perkuat Daya Ingat Anak

Belajar Musik ternyata bisa memperkuat daya ingat anak, jadi apabila Anda selama ini menjadi orang tua yang mampu memberikan pendidikan musik kepada anak dengan menyekolahkannya di sekolah musik, Anda patut bersyukur.

Dari hasil studi di Kanada Amerika Serikat yang dipimpin oleh Laurel Trainor, seorang Profesor psikologi, Ilmu Syaraf dan Perilaku dari McMaster University, Hamilton,Ontario membuktikan bahwa setelah satu tahun seorang anak yang mengikuti kursus musik mempunyai daya ingat jauh lebih baik jika dibandingkan dengan anak sebaya yang tidak belajar musik. Studi tersebut dipublikasikan secara online pada Jurnal Brain tahun 2006.

Trainor mengatakan bahwa studi tersebut merupakan yang pertama kali menunjukkan bahwa setelah satu tahun belajar musik, otak anak kecil berkembang lebih baik jika dibandingkan dengan mereka yang tidak belajar musik. Dan yang sangat menarik dari hasil penelitian tersebut adalah ternyata anak yang belajar musik mengalami perkembangan daya ingat yang lebih baik termasuk di bidang non-musik seperti kemampuan membaca, kemampuan verbal, matematika dan IQ.

Penelitian tersebut dilakukan selama satu tahun, para peneliti melakukan sebanyak empat kali percobaan terhadap dua kelompok anak dengan rentang usia empat hingga enam tahun. Kedua kelompok anak tersebut diminta untuk menjalani tes musik, dimana anak – anak tersebut di minta untuk membedakan antara melodi, harmoni dan irama. Selain itu mereka juga menjalani tes kemampuan daya ingat, disini anak – anak diminta untuk mendengarkan angka – angka, mengingat, kemudian diminta untuk mengulang angka- angka tersebut.Terdapat hasil yang cukup mengejutkan di bulan ke- 4 dimana mulai terlihat perbedaan perkembangan antara anak yang belajar musik dengan yang tidak.