Pages

Wednesday, January 1, 2014

Mobil Baru Duet Maut BMW Dengan Toyota

Potensi industri otomotif rupanya terus mengalami perkembangan, hal ini bisa bisa dilihat dari terus meningkatnya angka jual mobil baru di seluruh belahan dunia, hal ini tidak terlepas dari kebutuhan masyarakat akan mobilisasi pribadi maupun keluarga. Berbagai cara dilakukan oleh para produsen mobil agar bisa memenuhi harapan dan kebutuhan masyarakat, salah satunya adalah dengan melakukan kerjasama dalam membangun sebuah mobil baru impian.

Setelah sebelumnya sukses berduet maut dengan Daihatsu, dengan pembuatan berbagai mobil baru yang akhirnya laris manis di pasaran seperti Agya – Ayla, Avanza – Xenia, rupanya di tahun 2014 ini menjadi momentum yang sangat penting bagi Toyota karena Toyota siap untuk berduet maut dengan BMW AG untuk menciptakan mobil sport berteknologi tinggi.

Kabar yang dilansir Frankfurter Allgemeine Zeitung menyebutkan, BMW dan Toyota menyepakati kerja sama pembuatan platform mobil sport. Menurut kepala pengembangan produk BMW, Herbert Diess, dua pabrik ini bersepakat membangun basis arsitektur untuk mobil sport mutakhir. "Yang paling penting, nantinya ada dua mobil yang benar-benar baru dan otentik untuk kedua perusahaan," kata dia, Selasa, 30 Desember 2013, waktu setempat.

Jenis mobil yang akan dibangun BMW dan Toyota masih belum diketahui. Diess juga tidak mau menyebutkan platform produk yang akan dikerjakan dua perusahaan ini. Namun, manajemen Toyota sebelumnya mengatakan tengah mengkaji kemungkinan untuk membangun platform mobil sport mid-size. Studi kelayakan proyek ini dirampungkan pada akhir 2013.

Kini, beredar Gosip Hangat yang menyebutkan Toyota akan maju dengan basis rancangan coupe Celica untuk proyek mobil sport ini. Sedangkan BMW punya unggulan yakni coupe Z4. Ada juga yang mengatakan BMW-Toyota membangun desain dengan basis sedan sport Toyota Supra, yang produksinya dihentikan pada 2002.

Bagi BMW dan Toyota, kerja sama ini bukan yang pertama kali. Sebelumnya, pada Juni 2012, BMW dan Toyota meneken kesepakatan rancang bangun produk bersama. Yang diumumkan ke publik, kerja sama ini meliputi pembuatan basis desain baterai lithium dan teknologi bodi mobil super ringan.